MUHAMMAD DHARMA SATRIA GANTARA, . (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MENGAJAR UNTUK CALON INSTRUKTUR DI PT. KITA BORNEO KOMPETEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (874kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (718kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian untuk calon instruktur di PT. Kita Borneo Kompeten. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan instrumen Chicago Public Schools (CPS). Model pengembangan ini terdiri atas beberapa tahapan, diantaranya yaitu menentukan dimensi yang akan diases, mengumpulkan beberapa dimensi yang sudah ditentukan, merumuskan dimensi yang akan diases. Selanjutnya mendefinisikan dari setiap aspek, menentukan skala dari dimensi yang akan diases. Selanjutnya melakukan penilaian dengan rubrik yang telah dikembangkan, uji Coba, sosialisasi. Hasil pengembangan ini telah melalui tahapan uji ahli (expert judgement) yang melibatkan ahli evaluasi dan ahli materi. Hasil kaji ahli kepada 2 orang ahli memperoleh masukan yang kemudian sudah diperbaiki oleh pengembang. Langkah selanjutnya yakni uji coba melalui one to one dengan melibatkan staf learning dan operation yang ada di PT. Kita Borneo Kompeten. Hasil dari uji coba one to one menyatakan bahwa instrumen dapat menjadi alat ukur untuk menilai dan mengumpulkan data keterampilan mengajar calon instruktur di PT. Kita Borneo Kompeten.***** This study aims to develop an assessment instrument for instructor candidates at PT Kita Borneo Kompeten. This development uses the Chicago Public Schools (CPS) instrument development model. This development model consists of several stages, including determining the dimensions to be assessed, collecting several dimensions that have been determined, formulating the dimensions to be assessed. Furthermore, defining each aspect, determining the scale of the dimensions to be assessed. Furthermore, conducting an assessment with the rubric that has been developed, testing, socialization. The results of this development have gone through the expert judgment stage involving evaluation experts and material experts. The results of expert review to 2 experts obtained input which was then improved by the developer. The next step is a one to one trial involving learning and operations staff at PT Kita Borneo Kompeten. The results of the one to one trial stated that the instrument could be a measuring tool to assess and collect data on the teaching skills of prospective instructors at PT. Kita Borneo Kompeten.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Eveline Siregar, M. Pd. ; 2). Drs. Mulyadi, M. Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 26482 not found. |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 02:46 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 02:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |