AHMAD NURRULLA, . (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KAHOOT! DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA DI SMA NEGERI 33 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER[1].pdf Download (619kB) |
![]() |
Text
BAB_I[1].pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB_II[1].pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB_III[1].pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB_IV[1].pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB_V[1].pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf Download (238kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN[1].pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah siswa menggunakan media pembelajaran berbasis game Kahoot!. Target dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dari kategori kurang ke kategori baik sekali atau optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Berdasarkann hasil penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar Sejarah siswa setiap siklusnya. Pada siklus pertama sebesar 64% atau 23 siswa mencapai nilai di atas KKTP 75 dengan rata-rata hasil belajar 72, sedangkan pada siklus kedua menjadi 100% atau 36 siswa mencapai nilai di atas KKTP 75 dengan rata-rata hasil belajar Sejarah 92. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Mei 2024 dan dilakukan di kelas XI F5 SMA Negeri 33 Jakarta. Penerapan media pembelajaran Kahoot! dilakukan pada siklus pertama dan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dari kategori kurang ke kategori baik sekali atau optimal. Kata Kunci: Media Pembelajaran Kahoot, Hasil Belajar Sejarah, Mata Pelajaran Sejarah. ***** The aim of this research is to improve students' history learning outcomes using game-based learning media Kahoot!. The target in this research is to improve students' history learning outcomes from the poor category to the very good or optimal category. This research uses a classroom action research method that uses two cycles, each cycle consisting of four stages, namely planning (planning), action (action), observation (observing) and reflection (reflecting). Based on the results of this research, there is an increase in student history learning outcomes each cycle. In the first cycle, 64% or 23 students achieved a score above the KKTP of 75 with an average learning result of 72, while in the second cycle it was 100% or 36 students achieved a score above the KKTP of 75 with an average learning result of History of 92. This research was carried out from February to May 2024 and was carried out in class XI F5 of SMA Negeri 33 Jakarta. Application of learning media Kahoot! carried out in the first cycle and the second cycle. Based on the results of this research, it can be concluded that learning media is technology-based Kahoot! can improve students' history learning outcomes from the poor category to the very good or optimal category. Keywords: Kahoot Learning Media, History Learning Results, History Subjects.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kurniawati, M.Si. ; 2). Dr. Djunaidi, M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Sejarah Dunia > Indonesia Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 26921 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 07:03 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 07:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/53652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |