PENGGUNAAN HELLOTALK SEBAGAI APLIKASI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

FIRDA ELGA PAULIN, . (2020) PENGGUNAAN HELLOTALK SEBAGAI APLIKASI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (768kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Peminat belajar bahasa Jepang cukup banyak di Indonesia. Alasan memilih bahasa Jepang ialah tertarik akan budaya modern Jepang, sejarah, dan lain-lain. Dalam mempelajari bahasa Jepang, tidak mudah karena Jepang memiliki karakteristik linguistik yang berbeda dari bahasa di negara-negara Asia lainnya, sehingga dibutuhkan sebuah media untuk mendukung proses pembelajaran bahasa asing. Perkembangan teknologi smartphone dalam pendidikan sudah banyak digunakan oleh kalangan siswa, guru, dan masyarakat umum. Salah satunya penggunaan kamus online dan alat penerjemahan online seperti Google Translate. HelloTalk adalah sebuah aplikasi belajar bahasa dengan menghubungkan jejaringan sosial agar pembelajar dapat langsung mempelajari bahasa dengan penutur asli sebagai pengajar secara online. Berdasarkan klasifikasi menurut Seels & Glasgow, aplikasi ini dapat dikategorikan sebagai jenis media pembelajaran berbasis multimedia dengan sistem mobile assisted language learning. Penulisan makalah ini menggunakan metode kepustakaan dan survey. Penulis mengumpulkan berbagai penjelasan mengenai penggunaan HelloTalk dari berbagai sumber seperti buku, jurnal dan website. Selain itu, untuk mendapatkan data berupa dampak penggunaan aplikasi ini, penulis menyebarkan angket kepada pengguna HelloTalk melalui Google Form. Dari penyusunan makalah ini dapat diketahui kegunaan aplikasi HelloTalk yang dapat menunjang pembelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Jepang. Aplikasi ini dapat dijadikan media alternatif pembelajaran bahasa Jepang. Interested in learning Japanese quite a lot in Indonesia. The reason students choose Japanese because they are interested in modern Japanese culture, history, and so on. In learning Japanese, it is not easy because Japan has linguistic characteristics that are different from languages ​​in other Asian countries, so we need a media to support the process of learning foreign languages. The development of smartphone technology in education has been widely used by students, teachers and the general public. One of them is the use of online dictionaries and online translation tools such as Google Translate. HelloTalk is a language learning application by connecting social networks so that learners can directly learn languages ​​with native speakers as online teachers. Based on the classification according to Seels & Glasgow, this application can be categorized as a type of multimedia-based learning media with a mobile assisted language learning system (MALL). The writing of this paper uses literature and survey methods. The author collects various explanations regarding the use of HelloTalk from various sources such as books, journals and websites. In addition, to obtain data in the form of the impact of using this application, the authors distribute questionnaires to HelloTalk users through Google Forms. From the preparation of this paper we can find out the usefulness of the HelloTalk application that can be support the learning of foreign languages, especially Japanese so that this application can be used as an alternative medium for Japanese language learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 1959 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2020 10:53
Last Modified: 20 Jul 2022 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item