METODE PENDIDIKAN NABAWI BERDASARKAN STUDI HADITS TEMATIK

NUR MUHAMMAD ALLAMUDDIN, . (2020) METODE PENDIDIKAN NABAWI BERDASARKAN STUDI HADITS TEMATIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER - 4715151572.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (39kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (202kB)

Abstract

Dalam proses pendidikan Islam, metode mempunyai kedudukan yang sangat signifikan untuk mencapai tujuan. Bahkan metode sebagai seni dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik dianggap lebih signifikan dibanding dengan materi sendiri. Perkataan “metode jauh lebih penting dibanding materi”, adalah sebuah realitas, bahwa cara penyampaian yang komunikatif jauh lebih efektif dan disenangi oleh peserta didik walaupun materi yang disampaikan sesungguhnya tidak terlalu menarik. Sebaliknya, materi yang cukup baik, karena disampaikan dengan cara yang kurang menarik maka materi itu sendiri menjadi kurang dapat dicerna oleh peserta didik. Oleh karena itu penerapan metode yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian keberhasilan, sementara metode yang tidak tepat akan berakibat terhadap pemakaian waktu yang tidak efesien. Rumusan masalah peneliti adalah bagaimana konsep pendidikan Rasulullah Saw. Tujuan penelitiannya adalah untuk mencari tahu konsep pendidikan yang sesuai antara pendidikan Rasulullah dengan pendidikan saat ini. Peneliti menggunakan teori analisis isi buku dan aplikasi hadits. Kemudian, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan mengumpulkan data dengan cara mencari buku-buku yang dimaksud di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan juga mengumpulkan data-data lewat internet, jurnal, skripsi terdahulu yang bersangkut paut dengan skripsi peneliti. Ketika semua sudah dikumpulkan, peneliti memilah dan memilih mana yang sesuai dengan apa yang dicari. Kemudian dikutip dan dikembangkan oleh peneliti agar makin luas dan lebih dimengerti oleh banyak orang. Penelitian ini menjelaskan metode-metode pendidikan pada zaman Rasulullah yang masih selaras dengan pendidikan masa kini lewat hadits yang dicari melalui buku dan aplikasi hadits. Kemudian dijabarkan dengan beberapa uraian, yaitu; kualitas hadits pendidikan, visi serta misi pendidikan, dan relevansi metode pendidikan Rasulullah dengan metode pendidikan saat ini. Kata kunci : sunnah, metode, pendidikan Nur Muhammad Allamuddin, Methods of Education by Rasulullah Based on Thematic Hadith, Thesis, Islamic Education Study Program, Faculty of Social Sciences, Jakarta State University Sunnah of the Prophet Muhammad that had been understood by the majority of Muslims as role models; in the form of words, deeds / actions and the approval of the actions of others by the Prophet must always be understood in a dynamic and lively way. When Sunnah is understood as an ijtihad of the Prophet Muhammad in interpreting and applying the revelation / word of Allah in religious life and society, then following the sunnah of the Prophet became a major force in encouraging the creation of dynamic progress, inspiration and innovation. But if the sunnah of the Prophet is understood and translated literally, the sunnah of the Prophet are stuck in the classic texts which binds progressive mindset of Muslims. Therefore, on the conditions and the present situation, the Sunnah of the Prophet can no longer be understood and applied textually (classic) and deemed to be immutable, but it must be understood and applied contextually following the appropriate methodology and its subject matters. This is a necessity, because the Sunnah status is different from the Koran. Thus, the Sunnah is always open to be developed, equipped and even modified, so its application is easy and doable. The problem statement of the researcher is how the concept of education of the Prophet. The purpose of his research is to find out the concept of education that is suitable between the Prophet's education with current education. Researchers used the theory of book content analysis and hadith applications. Then, the approach used in this research is descriptive content analysis. The data collection technique used is documentation. This research explains the methods of education in the time of the Prophet who are still in harmony with education today through the hadiths that are sought through books and hadith applications. Then elaborated with several descriptions, namely; quality of educational hadiths, educational vision and mission, material and methods, and The relevance of Rasulullah's educational methods to modern education methods. Key words : Sunnah, Method, Education

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Khairil Ikhsan Siregar, MA ; 2). Rudi Muhammad Barnansyah, M.Pdi.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Agama (Filsafat dan Teori Agama)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1989 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 15:45
Last Modified: 11 Mar 2020 15:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item