PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI (Penelitian Pengembangan Pada Anak Usia Dini Di Kota Depok)

SAKINA, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS LOOSE PARTS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI (Penelitian Pengembangan Pada Anak Usia Dini Di Kota Depok). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
4 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7 DAFPUS.pdf

Download (517kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan aspek penting bagi anak usia dini dalam membangun pemahaman dan keterampilan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran proyek berbasis loose parts guna meningkatkan literasi sains pada anak usia dini. Loose parts, sebagai bahan pembelajaran yang dapat dipindah-pindahkan dan digunakan secara kreatif, diyakini mampu mendukung perkembangan kognitif serta keterampilan berpikir kritis anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah anak-anak usia dini yang terdaftar di TK Aisyiiyah Bustanul Athfal 27 Depok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Melalui pembelajaran proyek, anak-anak terlibat dalam proses identifikasi masalah, perencanaan, pengumpulan data, analisis, dan presentasi hasil. Pendekatan tersebut mendorong keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta meningkatkan rasa ingin tahu dan kreativitas. Hasil implementasi metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep sains. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pembelajaran proyek berbasis loose parts dapat meningkatkan keterampilan literasi sains anak, seperti kemampuan mengenali konsep-konsep dasar sains, berpikir logis, dan memecahkan masalah. Selain itu, pembelajaran ini berhasil mendorong kreativitas dan kerja sama antar anak. Dengan demikian, penggunaan loose parts dalam pembelajaran proyek dapat dijadikan alternatif efektif untuk meningkatkan literasi sains pada anak usia dini. Kata Kunci: pembelajaran proyek; loose parts; literasi sains anak usia dini ABSTRACT Science literacy is important in early childhood for developing scientific understanding and skills. This study aims to develop a project-based learning model using loose parts to improve science literacy in early childhood. Loose parts, which are movable and versatile learning materials, are believed to support children’s cognitive development and critical thinking skills. This study employs a research and development (R&D) approach based on the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The participants were preschoolers from TK Aisyiiyah Bustanul Athfal 27 in Depok, selected through purposive sampling. Through project learning, the children actively participated in identifying problems, planning, collecting data, analyzing, and presenting results. This approach fosters critical thinking, collaboration, and enhances curiosity and creativity. The implementation of this method resulted in a significant improvement in the understanding of scientific concepts. Furthermore, the findings indicate that project-based learning with loose parts can enhance children’s science literacy skills—such as recognizing fundamental science concepts, thinking logically, and solving problems. In addition, this learning approach successfully encouraged creativity and cooperation among the children. Thus, the use of loose parts in project learning may serve as an effective alternative for enhancing science literacy in early childhood. Keywords: project-based learning; loose parts; early childhood science literacy

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. HAPIDIN, M.Pd 2). Prof. Dr. YULIANI NURANI, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 27368 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:30
Last Modified: 05 Mar 2025 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54670

Actions (login required)

View Item View Item