NURUL MUNAWARAH, . (2025) PENGEMBANGAN MICROLEARNING DENGAN MODEL STATION ROTATION BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS VII. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (43kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (740kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan microlearning dengan model Station Rotation Blended Learning dalam pembelajaran Informatika untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Sampit. Microlearning ini dikembangkan dengan Model Station Rotation Blended Learning sebagai respons terhadap kebutuhan pembelajaran yang lebih fleksibel, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik peserta didik di era digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan KEMP, yang berorientasi pada sistem (system-oriented). Model pengembangan ini terdiri dari beberapa tahapan utama, mulai dari identifikasi masalah dan analisis kebutuhan peserta didik, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan materi dan strategi pengajaran, pengembangan konten microlearning, pemanfaatan sumber daya pendukung, serta evaluasi. Validasi oleh ahli dan uji coba dilakukan untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian microlearning yang dikembangkan.. Hasil dari penelitian ini adalah microlearning dengan model Station Rotation Blended Learning yang telah melalui tahap validasi oleh para ahlid an uji coba kepada peserta didik. Hasil menunjukan bahwa produk yang dihasilkan layak untuk digunakan. Rerata nilai pre-test yang diperoleh peserta didik 41,14 dan post-test 79,43. Hasil penelitian menunjukkan bahwa microlearning yang terintegrasi dengan model Station Rotation Blended Learning layak digunakan berdasarkan penilaian ahli dengan skor validitas di atas 80%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan nilai N-Gain sebesar 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang. Peserta didik juga menunjukkan keterlibatan dan motivasi yang tinggi selama proses pembelajaran, serta kemampuan yang lebih baik dalam menerapkan konsep-konsep Informatika dalam situasi nyata. ********** This study aims to develop microlearning integrated with the Station Rotation Blended Learning model in Informatics education for seventh-grade students at SMPN 1 Sampit. This microlearning approach was developed in response to the need for a more flexible, interactive, and student-centered learning experience in the digital era. The research method employed is Research and Development (R&D), referring to the KEMP instructional design model, which is system-oriented. The development process consists of several key stages, including problem identification and student needs analysis, formulation of learning objectives, selection of teaching materials and strategies, development of microlearning content, utilization of supporting resources, and evaluation. Expert validation and trials were conducted to ensure the effectiveness and appropriateness of the developed microlearning model. The results of this study produced a microlearning model with Station Rotation Blended Learning, which has undergone expert validation and student trials. The findings indicate that the developed product is suitable for use. The average pre-test score obtained by students was 41.14, while the post-test score increased to 79.43. The study results show that microlearning integrated with the Station Rotation Blended Learning model is feasible for use, based on expert assessments with a validity score above 80%., effectiveness tests demonstrated a significant improvement in student learning outcomes, with an N-Gain score of 0.66, categorized as moderate Students also exhibited high engagement and motivation throughout the learning process, along with improved ability to apply Informatics concepts in real-world situations.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Khaerudin, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Dwi Kusumawardani, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S2 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Nurul Munawarah . |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 07:51 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/54997 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |