PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BABELAN BEKASI

MIA JAHRIDA HARAHAP, . (2020) PENGARUH METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER BERSAHABAT PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN BABELAN BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (233kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (521kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (509kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (917kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pictorial riddle terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kebalen 02, Kecamatan Babelan, Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen murni yang menggunakan desain berupa pretest-posttest control group design. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert dan instrumen pengamatan. Adapun perhitungan analisis data menggunakan uji-t dengan hasil perhitungan, yakni thitung diperoleh angka sebesar 4,696 dan ttabel untuk taraf signifikansi α = 0,05 dengan df = 58 yakni sebesar 2,00. Ketika hasil perhitungan thitung lebih dari ttabel, maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam uji hipotesis menyatakan bahwa hipotesis nol ditolak atau hipotesis kerja diterima. Hal ini menerangkan, penerapan metode pictorial riddle berpengaruh positif terhadap pembentukan karakter bersahabat pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Babelan Bekasi. Dengan demikian, metode pictorial riddle dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam membentuk karakter bersahabat pada siswa di sekolah dasar. This study aims to determine the effect of the application of the pictorial riddle method to becoming of friendly characters in fifth grade students at Kebalen 02 Elementary School, Babelan, Bekasi. This research was conducted in January 2020. This type of research is quantitative research with true-experimental methods that use a pretest-posttest control group design. The research sample was taken using cluster random sampling technique. Data collection techniques using a Likert scale questionnaire and observation instruments. The calculation of data analysis using t-test with the results of calculations, namely tcount obtained a number of 4.696 and ttable for the significance level α = 0.05 with df = 58 which is equal to 2.00. When the calculation results of tcount is more than ttable, then as the decision making in the hypothesis test states that the null hypothesis is rejected or the working hypothesis is accepted. This explains, the application of the pictorial riddle method has a positive effect to becoming of friendly characters in fifth grade students in elementary schools in the Babelan District of Bekasi. Therefore, the pictorial riddle method can be used as an alternative learning in forming friendly characters in students in elementary schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1458 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2020 16:05
Last Modified: 10 Mar 2020 16:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5526

Actions (login required)

View Item View Item