Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Jakarta Selatan

Pakpahan, Ruth Yolanda Sari and Sampoerno, Pinta Deniyanti and Haeruman, Leny Dhianti (2024) Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aljabar Kelas VII SMP Jakarta Selatan. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (2). pp. 20-27. ISSN 2621-4296

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/jrpms.082.03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan miskonsepsi yang dilakukan oleh siswa dalam pemecahan masalah matematis pada materi aljabar kelas VII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis kepada 47 siswa kelas VII SMPK-Tirtamarta BPK Penabur dan wawancara kepada delapan subjek penelitian dengan mikonsepi terbanyak dan bersedia untuk diwawancarai. Tes tertulis dan wawancara dilakukan untuk mengetahui letak miskonsepsi siswa berdasarkan jenis miskonsepsi yang dikemukakan oleh LEARN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis miskonsepsi yang dilakukan siswa, diantaranya 1) Miskonsepssi pengertian huruf; 2) Miskonepsi notasi; 3) Miskonsepsi penggeneralisasian; serta 4) Miskonsepsi pengaplikasian aturan. Miskonsepsi yang paling banyak dilakukan oleh siswa adalah miskonsepsi pengaplikasian aturan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:13
Last Modified: 09 Mar 2025 04:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55307

Actions (login required)

View Item View Item