The Effect Of Guided Discovery Learning Model Assisted By Structured LKPD On Students' To Understand Mathematical Concepts Understanding Ability At SMA Negeri 30 Jakarta

Mutiah, Mutiah and Salsabila, Ellis and Dhianti Haeruman, Leny (2024) The Effect Of Guided Discovery Learning Model Assisted By Structured LKPD On Students' To Understand Mathematical Concepts Understanding Ability At SMA Negeri 30 Jakarta. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (2). pp. 55-62. ISSN 2621-4296

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/jrpms.082.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning dengan berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini menggunakan Quasi-Experiment dengan post-test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Two Stage Sampling. Tahap pertama dilakukan dengan Purposive Sampling. Tahap kedua dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X-3 dan X-2 di SMA Negeri 30 Jakarta. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diukur menggunakan instrumen penelitian yaitu 5 soal uraian pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang telah valid dan reliabel. Hasil pengujian hipotesis menggunakaan uji-t dengan taraf signifikansi , didapat bahwa nilai dan sehingga , maka tolak yang berarti rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur lebih tinggi dibanding siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kemudian diperoleh nilai Cohen’s effect size sebesar 0,668 yang termasuk pada kategori sedang dengan presentase 73%. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 30 Jakarta.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:17
Last Modified: 09 Mar 2025 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55311

Actions (login required)

View Item View Item