Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya

Darmastuti, Lintang and Meiliasari, Meiliasari and Rahayu, Wardani (2024) Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (1). pp. 17-26. ISSN 2621-4296

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/jrpms.081.03

Abstract

Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang menjadi prasyarat dan keterampilan hidup di abad 21. Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa SMP belum memenuhi standar rata-rata international. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi SMP yang berkaitan dengan komponen literasi numerasi, mengetahui kondisi kemampuan literasi numerasi siswa SMP dilihat berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi dan mengetahui bagaimana melatih kemampuan numerasi menggunakan contextual learning. Penelitian ini dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian ini, yaitu 1) materi yang berkaitan dengan komponen literasi numerasi sangat beragam, diantaranya materi rasio/perbandingan, pola bilangan, persamaan linear, fungsi kuadrat, ajabar, dan geometri; 2) ditemukan beberapa siswa SMP belum memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik; 3) kemampuan literasi numerasi siswa SMP dapat ditingkatkan melalui contextual learning yang dibantu dengan e-modul atau media lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:25
Last Modified: 09 Mar 2025 04:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55317

Actions (login required)

View Item View Item