Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Terkait Duplikasi, Triseksi, dan Kuadratus

Chania, Alisya Putri and Harisman, Yulyanti (2024) Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Terkait Duplikasi, Triseksi, dan Kuadratus. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 8 (1). pp. 81-98. ISSN 2621-4296

Full text not available from this repository.
Official URL: https://doi.org/10.21009/jrpms.081.09

Abstract

Tiga masalah klasik matematika pada zaman Yunani di antaranya duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Ketiga masalah ini merupakan landasan perkembangan ilmu geometri modern dan penting untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa terkait materi duplikasi, trisesksi, dan kuadratus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian merupakan lima siswa SMP yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara terbuka. Masing-masing siswa diberikan empat pertanyaan yang berkaitan dengan masalah duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Analisis data penelitian ini bersifat tematik. Hasil dari penelitian ini memperoleh tiga tingkatan pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan terkait duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Penjelasan mengenai tiga tingkatan pemahaman tersebut akan dijelaskan secara rinci pada tulisan ini.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Depositing User: OJS LPPM UNJ .
Date Deposited: 09 Mar 2025 04:31
Last Modified: 09 Mar 2025 04:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/55323

Actions (login required)

View Item View Item