Penerapan Pendidikan Disiplin pada Kegiatan Belajar Mengajar dan Non Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar di Jepang

Genio, Herbudi Putra (2020) Penerapan Pendidikan Disiplin pada Kegiatan Belajar Mengajar dan Non Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar di Jepang. Sarjana thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (318kB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Pendidikan mengenalkan seseorang pada dunia yang akan ia hadapi. Masyarakat Jepang terkenal akan kedisiplinan yang tinggi. Hal-hal seperti ketepatan waktu, kebersihan hingga kedisiplinan dalam membuang sampah telah diatur sejak kecil hingga menjadi kebiasaan. Berkaitan dengan kedisplinan tersebut tentu tidak terlepas dari peran sekolah dalam mendisiplinkan siswa. Tidak hanya guru yang dituntut dalam memberikan kedisplinan, orang tua juga dilibatkan dalam pendidikan disiplin di sekolah. Dampak tersebut bisa kita kenali dengan keberhasilan Jepang menjadi negara maju, bangkit setelah kekalahan di Perang Dunia II menjadi cambuk bagi masyarakat Jepang untuk membangun negaranya. Keberhasilan ini dapat menjadi teladan yang bisa ditiru oleh pengajar dan peserta didik di Indonesia. Penelitian ini mencoba membahas bagaimana kegiatan pendidikan disiplin di Sekolah Dasar di Jepang. Lalu dampak yang ditimbulkan dari pendidikan tersebut, serta peran orang tua dalam pendidikan kedisiplinan di sekolah. Hal ini menjadi suatu ketertarikan untuk dibahas dan diteladani. Penelitian makalah ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data-data dari buku, jurnal, dan artikel online. Kesimpulan dari penulisan makalah ini adalah menjelaskan bagaimana pendidikan kedisiplinan tersebut dan seperti apa dampak yang di timbulkan. Kata kunci : Pendikan, kedisplinan, sekolah dasar, Jepang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 1917 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 14:32
Last Modified: 24 Jan 2024 01:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item