PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY DI SMK TAMANSISWA 2 JAKARTA

RASYID NURHIDAYAT, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY DI SMK TAMANSISWA 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis augmented reality yang layak digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Dari hasil angket analisis kebutuhan semua siswa SMK TamanSiswa 2 Jakarta memiliki smartphone dan 85% menggunakan sistem operasi android dan pada hasil observasi yang dilakukan mata pelajaran sasis merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat sulit, dikarenakan keterbatasannya komponen sasis yang dimiliki sekolah serta mahalnya biaya yang diperlukan untuk membeli komponen sasis. Oleh karena itu, peneliti ingin membuat model pembelajaran dengan sistem operasi android dengan mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dan menggunakan software unity dengan desain ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yakni Analysis (observasi dan memberikan angket analisis kebutuhan kepada peserta didik), Design (perencanaan desain, yaitu: Storyboard, desain layout, pembuatan instrument dan penyusunan materi pada aplikasi, pembuatan aplikasi ), Development (uji validasi para ahli, uji coba produk, revisi, aplikasi layak digunakan), Implementation (implementasi model pembelajaran kepada peserta didik), dan evaluation (uji kepuasan oleh peserta didik, revisi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk model pembelajaran berbasis augmented reality dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil angket validasi dari kedua ahli materi dengan presentase sebesar 90% , berdasarkan dari kedua ahli media dengan presentase sebesar 88,75% dan dari hasil angket uji kepuasan oleh peserta didik dengan presentase sebesar 89,2%. Kata kuci: Model pembelajaran, Android, Kelayakan ABSTRACT Rasyid Nurhidayat, Development of Learning Model Based on Augmented Reality in the Subjects of Classics Maintenance and Shifting Workers Using Unity Software at SMK Taman Siswa 2 Jakarta. This research aims to produce an Android-based learning model that is fit to be used as a learning resource in the subject of chassis maintenance and energy transfer. From the results of the questionnaire analysis of the needs of all students of TamanSiswa 2 Vocational School in Jakarta, they have smartphones and 85% use the Android operating system and the results of observations made in the chassis subjects are very difficult, due to the limited chassis components of the school and the high costs involved. to buy chassis components. Therefore, researchers want to make learning model with the Android operating system with the subject of chassis maintenance and power transfer. This research is an R & D research and uses unity software with ADDIE design which consists of five stages, namely Analysis (observation and giving a questionnaire analysis of needs to students), Design (design planning, namely: Storyboard, layout design, instrument making and preparation material on the application, making the application), Development (expert validation test, product trial, revision, application worthy of use), Implementation (implementation of learning model to students), and evaluation (satisfaction test by students, revision). The results showed that the Android-based learning model product was declared to be very feasible based on the results of the questionnaire validation from the two material experts with a percentage of 90%, based on the two media experts with a percentage of 88.75% and from the results of the satisfaction test questionnaire by students with a percentage of 89.2%. Key words: Learning model, Android, Eligibility

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratu Amilia Avianti, Mp.Pd 2). Dr. Agus Dudung R, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2052 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 10:38
Last Modified: 26 Mar 2020 10:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item