HISYAM ABIDIN, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MATERI MIKROKONTROLER PADA SISWA SMAN 1 DEPOK DENGAN MODEL BORG AND GALL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan keterbatasan media dan perangkat praktikum dalam pembelajaran mikrokontroler, yang berdampak pada rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi mikrokontroler Arduino Uno. Untuk menjawab tantangan tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan video pembelajaran berbasis simulasi Tinkercad sebagai media bantu dalam proses pembelajaran Informatika di SMAN 1 Depok. Model penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan. Video pembelajaran dirancang untuk menyajikan panduan praktis penggunaan Tinkercad secara visual dan sistematis, sehingga mampu menggantikan keterbatasan praktikum fisik dan meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka. Produk yang dikembangkan telah melalui proses validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta diuji coba kepada peserta didik kelas XII. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang tinggi, baik dari segi isi materi maupun penyajian visual. Berdasarkan uji efektivitas dengan instrumen System Usability Scale (SUS), video pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 93,26% yang termasuk kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, media pembelajaran ini terbukti efektif dan layak digunakan sebagai alternatif solusi pembelajaran mikrokontroler yang kontekstual dan inovatif. ***** This study is motivated by the lack of practical infrastructure and instructional media in microcontroller learning, which hinders students’ understanding and reduces their interest in Arduino Uno-based microcontroller topics. To address these issues, this research aims to develop an instructional video based on the Tinkercad simulation platform as a learning medium for Informatics students at SMAN 1 Depok. The study employed a Research and Development (R&D) approach using a simplified version of the Borg and Gall development model. The instructional video is designed to deliver a visual and systematic guide for using Tinkercad, enabling students to engage in virtual practice and overcome physical equipment limitations. The product underwent validation by subject matter experts and media experts, followed by field testing with 12th-grade students. The validation results confirmed the product's high feasibility in both content accuracy and visual presentation. Furthermore, effectiveness testing using the System Usability Scale (SUS) produced an average score of 93,26%, classified as "Excellent." Thus, the developed video serves as a relevant and innovative alternative media that supports microcontroller instruction in alignment with the Merdeka Curriculum’s competencies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Hamidillah Ajie, S.Si.,M.T. ; 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.Si.,M.Ed. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Hisyam Abidin . |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:49 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56727 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |