Rezky Aulia Putra, . (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF MATA PELAJARAN DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL KELAS X SMK PERGURUAN “CIKINI” JAKARTA MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (297kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran materi Sketsa dan Ilustrasi di SMK kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual memerlukan media ajar yang tidak hanya informatif, tetapi juga mampu menstimulasi kreativitas visual siswa secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk merancang e-book interaktif berbasis pendekatan STEAM sebagai media pembelajaran alternatif yang mendukung capaian pembelajaran siswa. Pengembangan e-book ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), dengan fokus kajian hingga tahap Develop yang mencakup penyusunan struktur isi, penyematan fitur interaktif, serta validasi oleh ahli materi, ahli media, dan responden. Instrumen validasi ahli materi disusun dengan skala Guttman yang menuntut 100% kelayakan untuk dinyatakan layak, sementara validasi oleh ahli media dan responden menggunakan skala Likert 4 poin yang dianalisis melalui rumus persentase dari Arikunto. E-book dikembangkan menggunakan Canva untuk visualisasi konten dan Simplebooklet untuk mendukung interaktivitas serta navigasi digital. Hasil kajian menunjukkan bahwa e-book interaktif ini memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan lebih lanjut sebagai media ajar yang relevan dan aplikatif dalam mendukung pembelajaran DKV berbasis STEAM. Kata kunci: E-book Interaktif, STEAM, Sketsa dan Ilustrasi, Model 4D, Desain Komunikasi Visual ***** Learning Sketch and Illustration in the Visual Communication Design (VCD) vocational program requires instructional media that is not only informative but also stimulates students’ visual creativity comprehensively. This study aims to design an interactive e-book based on the STEAM approach as an alternative learning medium to support students' learning achievements. The e-book was developed using the 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate), with the focus limited to the Develop stage, which includes content structuring, interactive feature integration, and validation by content experts, media experts, and student respondents. The content expert validation instrument used the Guttman scale, requiring 100% eligibility to be deemed valid, while the instruments for media experts and respondents used a 4-point Likert scale analyzed through percentage calculations based on Arikunto's formula. The e-book was designed using Canva for visual content and Simplebooklet for digital interactivity and navigation. The findings indicate that this interactive e-book has strong potential to be further developed as a relevant and applicable instructional media to support STEAM-based VCD learning. Keywords: Interactive E-book, STEAM, Sketch and Illustration, 4D Model, Visual Communication Design
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Muhammad Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | REZKY AULIA PUTRA . |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 02:55 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 02:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |