Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video Di SMK Negeri 5 Jakarta

AMELYA ZAHRA YULIZAR, . (2025) Pengembangan E-Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video Di SMK Negeri 5 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di era digital, teknologi sangat berperan penting dalam dunia pendidikan untuk memudahkan dalam menunjang proses penyampaian informasi pelajaran. Namun, pada faktanya masih ada penggunaan teknologi yang belum dimanfaatkan secara optimal dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian adalah untuk membuat media pembelajaran berupa E Modul interaktif pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Jakarta dan untuk mengetahui seberapa layak modul tersebut. Sasaran produk penelitian adalah siswa TAV kelas XI yang telah belajar tentang materi Sensor dan Transduser. Tiga siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda diuji secara individual. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan sedikit modifikasi menjadi 3D, sehingga model pengembangan yang dilakukan hanya tiga tahapan, yaitu Define, Design, dan Development. Hasil penilaian dari para ahli, antara lain ahli materi, media, dan desain instruksional memperoleh persentase sebesar 100% dengan kriteria sangat layak. Serta penilaian dari tiga peserta didik memperoleh persentase sebesar 75,92% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul interaktif pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika adalah media pembelajaran elektronik yang sangat layak digunakan. ***** In the digital age, technology plays a crucial role in the world of education, making it easier to support the process of delivering lesson information. However, in reality, there is still technology usage that has not been optimally utilized in the world of education. The research aims to create learning media in the form of an interactive E-Module for the subject of Electronic Circuit Applications in class XI Audio Video Engineering at SMK Negeri 5 Jakarta and to determine the feasibility of the module. The target product of this research is eleventh-grade TAV students who have learned about Sensor and Transducer materials. Three students with different ability levels were tested individually. This research uses the 4D development model with slight modifications to 3D, resulting in only three stages of development: Define, Design, and Development. The assessment results from the experts, including content, media, and instructional design experts, obtained a percentage of 100% with very feasible criteria. Additionally, the assessment from three students obtained a percentage of 75.92% with very feasible criteria. It can be concluded that the interactive E-Module for the subject of Electronic Circuit Application is a highly suitable electronic learning medium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch.Sukardjo, M.Pd. ; 2). Dr. Wisnu Djatmiko, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Amelya Zahra Yulizar .
Date Deposited: 29 Jul 2025 06:30
Last Modified: 29 Jul 2025 07:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/56891

Actions (login required)

View Item View Item