PERANCANGAN SISTEM UJIAN BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 48 JAKARTA DENGAN METODE WATERFALL

EKA NANDA RINI YULIANTI, . (2025) PERANCANGAN SISTEM UJIAN BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMK NEGERI 48 JAKARTA DENGAN METODE WATERFALL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan sistem ujian Berbasis Moodle yang diterapkan pada jurusan Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 48 Jakarta. Latar belakang penelitian didasarkan pada kebutuhan ujian yang lebih aman, efisien, serta sesuai dengan karaktetistik identitas sekolah. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model Waterfall Ian Sommerville, terdiri dari empat tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain sistem dan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, serta integrasi dan pengujian sistem. Proses instalasi dilakukan pada localhost XAMPP, lalu dimigrasikan ke hosting agar dapat diakses secara publik. Sistem ujian ini dilengkapi dengan fitur pengelolaan soal, pengacakan nomor soal, pengaturan waktu ujian, serta terintegrasi dengan Safe Exam Browser (SEB). Hasil pengujian sistem memperoleh nilai kelayakan sebesar 94% dari dua ahli media, yang dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Hasil uji penggunaan oleh peserta didik menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor SUS sebesar 81,60 yang termasuk dalam kategori “Excellent” dan dinyatakan “Acceptable”. Dengan demikian, sistem ujian berbasis Moodle ini layak digunakan sebagai media evaluasi pembelajaran online yang mendukung pelaksanaan ujian di lingkungan sekolah menengah kejuruan. ***** This study aims to develop a Moodle-based examination system implemented in the Visual Communication Design department at SMK Negeri 48 Jakarta. The background of the study is based on the need for a more secure, efficient, and school-identity-aligned examination process. The system development follows the Research and Development (R&D) method using the Waterfall model by Ian Sommerville, consisting of four stages: requirements analysis, system and software design, implementation and unit testing, and integration and system testing. The installation process was initially carried out on a local XAMPP server and then migrated to a hosting platform for public access. The examination system is equipped with features such as question management, randomized question numbering, exam time settings, and integration with Safe Exam Browser (SEB). System testing results showed a feasibility score of 94% from two media experts, categorized as "Highly Feasible." Usability testing using the System Usability Scale (SUS) method yielded a SUS score of 81.60, which falls under the “Excellent” category and is considered “Acceptable.” Therefore, this Moodle-based examination system is deemed suitable as an online learning evaluation tool that supports the implementation of examinations in vocational high school environments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T. ; 2). Muchammad Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Eka Nanda Rini Yulianti .
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:32
Last Modified: 01 Aug 2025 08:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57072

Actions (login required)

View Item View Item