NAZHIF RAHMAN, . (2025) PERANCANGAN KONSEPTUAL KENDARAAN PEMADAM KEBAKARAN DI DAERAH PADAT PENDUDUK WILAYAH DKI JAKARTA MENGGUNAKAN METODE VDI 2221. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (827kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (358kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepadatan penduduk yang tinggi di DKI Jakarta menyebabkan risiko kebakaran meningkat akibat bangunan yang berdempetan, akses jalan yang sempit, serta minimnya fasilitas pemadaman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang konsep kendaraan pemadam kebakaran yang efektif digunakan di daerah padat penduduk dengan menggunakan metode VDI 2221. Studi dilakukan melalui observasi lapangan dan pendekatan sistematis dalam tahapan perancangan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendaraan harus memiliki dimensi kompak, radius putar kecil, serta sistem pemadaman yang efisien. Desain juga memperhatikan penyimpanan peralatan, kemudahan akses bagi petugas, dan pemanfaatan ruang secara optimal. Kendaraan yang dirancang mengacu pada standar internasional seperti NFPA 1901 dan EN 1846 untuk menjamin efektivitas dan keselamatan operasional. Diharapkan konsep ini mampu meningkatkan respons pemadaman kebakaran di wilayah padat penduduk, serta menjadi acuan dalam pengembangan kendaraan pemadam di lingkungan serupa.***** The high population density in DKI Jakarta increases the risk of fire incidents due to closely packed buildings, narrow access roads, and limited firefighting facilities. This study aims to design a conceptual firefighting vehicle that is effective for use in densely populated areas by applying the VDI 2221 method. The study was conducted through field observations and a systematic approach to product design stages. The results indicate that the vehicle should have compact dimensions, a small turning radius, and an efficient extinguishing system. The design also considers equipment storage, ease of access for personnel, and optimal space utilization. The proposed vehicle refers to international standards such as NFPA 1901 and EN 1846 to ensure operational effectiveness and safety. This conceptual design is expected to improve firefighting response in high-density urban areas and serve as a reference for the development of firefighting vehicles in similar environments.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Catur Setyawan Kusumohadi, M.T, Ph.D. ; 2). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika |
Divisions: | FT > S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran |
Depositing User: | Nazhif Rahman . |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57104 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |