PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH FISIKA TERAPAN PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DEWI NUR UTAMI, . (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH FISIKA TERAPAN PROGRAM STUDI DIPLOMA III TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Moodle dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa D-3 Teknik Mesin pada mata kuliah Fisika Terapan di Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu bentuk penyelidikan yang dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti. Pelaksanaan tindakan yang diikuti dengan kegiatan observasi dan refleksi. Apabila diperlukan pada tahap selanjutnya disusun rencana tindak lanjut. Upaya tersebut dilakukan secara berdaur membentuk satu siklus. Tempat penelitian dilakukan di Universitas Negeri Jakarta, dan subjek penelitian adalah mahasiswa D-3 Teknik Mesin sejumlah 29 mahasiswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 07 November 2019 hingga tanggal 26 Desember 2019. Data hasil belajar diperoleh melalui tes tertulis dan kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Terapan dengan menerapkan model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Moodle. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada Siklus I nilai rerata seluruh mahasiswa adalah 52,84 dan hanya 51,72% atau 15 mahasiswa dari keseluruhan 29 mahasiswa yang mendapatkan nilai ≥60. Pada Siklus II nilai rerata seluruh mahasiswa adalah 74,05 dan 86,21% atau 25 mahasiswa dari keseluruhan 29 mahasiswa yang mendapatkan nilai ≥60. Peneliti dapat menyimpulkan hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran Blended Learning menggunakan aplikasi Moodle. ABSTRACT This research aims to determine whether by applying Blended Learning learning models using Moodle applications can improve student learning outcomes of D-3 Mechanical Engineering in Applied Physics courses at Jakarta State University. The method used in this study is Classroom Action Research (CAR) which is a form of investigation conducted by participants involved in the situation under study. The action is followed by observation and reflection. If needed at a later stage, a follow-up plan is prepared. The effort was carried out in cycles to form one cycle. The place of research was conducted at Jakarta State University, and the research subjects were 29 Mechanical Engineering D-3 students. The study was conducted on November 7, 2019 until December 26, 2019. Learning outcomes were obtained through written tests and then analyzed to compare exam results in each cycle. The results of this study indicate that an increase in student learning outcomes in Applied Physics courses by applying Blended Learning learning models using the Moodle application. Improved learning outcomes can be seen in Cycle I the average value of all students is 52.84 and only 51.72% or 15 students out of a total of 29 students who scored ≥60. In Cycle II the mean value of all students was 74.05 and 86.21% or 25 students out of a total of 29 students who scored ≥60. Researchers can conclude student learning outcomes have increased with the application of Blended Learning learning models using the Moodle application.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sugeng Priyanto, M.Sc. ; 2). Drs. Syaripuddin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 2068 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2020 15:15
Last Modified: 16 Apr 2020 15:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item View Item