PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS BOLSTERING TERHADAP CITRA MEREK UNILEVER INDONESIA PASCA ISU BOIKOT MEREK PRO-ISRAEL (STUDI KUANTITATIF PADA PERNYATAAN UNILEVER INDONESIA TENTANG HAK ASASI MANUSIA SEBAGAI LANDASAN BISNIS PERUSAHAAN)

A. FADLILAH FACHRUN, . (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI KRISIS BOLSTERING TERHADAP CITRA MEREK UNILEVER INDONESIA PASCA ISU BOIKOT MEREK PRO-ISRAEL (STUDI KUANTITATIF PADA PERNYATAAN UNILEVER INDONESIA TENTANG HAK ASASI MANUSIA SEBAGAI LANDASAN BISNIS PERUSAHAAN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 2_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFPUS_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN_SKRIPSI_A. FADLILAH FACHRUN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi krisis merupakan aspek penting dalam menjaga citra baik dan keberlanjutan perusahaan saat menghadapi krisis. Unilever menghadapi krisis berupa boikot produk akibat dugaan keterlibatan dengan Israel. Menyadari potensi kerugian dan ancaman terhadap bisnis dan citra mereknya, Unilever Indonesia merespons dengan mengeluarkan pernyataan resmi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi strategi komunikasi krisis bolstering pada pernyataan Unilever Indonesia tentang hak asasi manusia sebagai landasan bisnis perusahaan terhadap citra merek Unilever Indonesia pasca isu boikot merek pro-Israel. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori Image Repair yang dikemukakan oleh William Benoit. Penelitian ini diketahui memiliki dua variabel, yaitu variabel komunikasi krisis sebagai variabel independen dan variabel citra merek sebagai variabel dependen. Paradigma positivisme merupakan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun pendekatan penelitian yang diterapkan ialah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah pengunjung website Unilever Indonesia, dengan sampel sebanyak 100 orang yang ditentukan berdasarkan kriteria tertentu atau menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi komunikasi krisis bolstering pada pernyataan Unilever Indonesia tentang hak asasi manusia sebagai landasan bisnis perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap citra merek Unilever Indonesia pasca isu boikot merek pro-Israel sebesar 77,6%. Pada variabel komunikasi krisis, dimensi yang memperoleh nilai rata-rata tertinggi ialah dimensi clarity dan consistency. Sementara itu, pada variabel citra merek dimensi yang memperoleh nilai rata-rata tertinggi ialah strength of brand associations dan uniqueness of brand associations. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang telah dilakukan ialah bahwa komunikasi krisis bolstering pada pernyataan Unilever Indonesia tentang hak asasi manusia sebagai landasan bisnis perusahaan mampu menjaga agar dampak krisis boikot tidak meluas ke seluruh perusahaan. Citra merek Unilever Indonesia pasca isu boikot merek pro-Israel juga tetap mempertahankan keunikannya sebagai perusahaan yang peduli akan isu kemanusiaan. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggali lebih dalam dan memperluas subjek dan variabel yang diteliti. Kata kunci: Komunikasi Krisis, Bolstering, Brand Image. ***** Crisis communication is a crucial aspect in maintaining a positive image and business continuity when facing a crisis. Unilever faced a crisis in the form of a product boycott due to alleged involvement with Israel. Recognizing the potential damage to its business and brand image, Unilever Indonesia responded by issuing an official statement. This study aims to examine the influence of implementing a bolstering crisis communication strategy in Unilever Indonesia’s statement on human rights as the foundation of its business, on the brand image of Unilever Indonesia after the boycott issue of pro-Israel brands. The theory used in this research is the Image Repair Theory proposed by William Benoit. This study involves two variables: crisis communication as the independent variable and brand image as the dependent variable. The study follows a positivist paradigm and employs a descriptive quantitative approach using a survey method. The research population comprises visitors of Unilever Indonesia’s official website, with a sample of 100 individuals selected through purposive sampling based on specific criteria. The findings indicate that the implementation of the bolstering crisis communication strategy in Unilever Indonesia's statement on human rights has a significant influence on brand image after the boycott issue, with a contribution rate of 77.6%. Within the crisis communication variable, the dimensions of clarity and consistency had the highest mean scores. Meanwhile, in the brand image variable, the dimensions of strength of brand associations and uniqueness of brand associations were the most dominant. In conclusion, the bolstering communication strategy used in Unilever Indonesia’s statement on human rights helped contain the impact of the boycott crisis and prevented it from spreading across the entire company. Furthermore, Unilever Indonesia’s brand image remained unique and aligned with humanitarian values. Future researchers are encouraged to explore broader subjects and variables for more comprehensive insights. Keywords: Crisis Communication, Bolstering, Brand Image.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Marisa Puspita Sary, M.Si. ; 2). Dr. Wiratri Anindhita, M.Sc.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: A. Fadlilah Fachrun .
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:35
Last Modified: 05 Aug 2025 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57520

Actions (login required)

View Item View Item