AMANDA SYAVIRA, . (2025) HUBUNGAN TERPAAN MEDIA INSTAGRAM @NADIALAYDRUS MENGENAI DIABETES DENGAN SIKAP KESADARAN MENGURANGI KONSUMSI MAKANAN MANIS PADA GEN Z (STUDI KUANTITATIF PADA LIKERS INSTAGRAM @NADIALAYDRUS DALAM UNGGAHAN REELS 7 JANUARI 2025). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (535kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah penderita diabetes di Indonesia menurut International Diabetes Federation (IDF), yaitu peringkat lima dunia dan diprediksi kasus diabetes akan terus meningkat setiap tahunnya. Selain itu terdapat pula peningkatan prevalensi diabetes melitus (DM) pada kelompok usia produktif menurut Survei Kesehatan Indonesia (SKI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan terpaan media Instagram @nadialaydrus mengenai diabetes dengan sikap kesadaran mengurangi konsumsi makanan manis pada Gen Z dalam unggahan reels tanggal 7 Januari 2025. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kognitif sosial oleh Albert Bandura yang merupakan proses pembelajaran manusia melalui pengamatan atau observational learning. Terdapat empat tahapan dalam proses observational learning, yakni tahap perhatian, retensi, produksi perilaku, dan motivasi. Variabel pada penelitian ini adalah terpaan media dan sikap. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan menyebarkan survei berupa kuesioner. Jumlah responden sebanyak 100 yang merupakan followers dan likers unggahan reels Instagram @nadialaydrus tanggal 7 Januari 2025 mengenai diabetes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan uji univariate dan bivariate yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, dan korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan dimensi tahapan terpaan memiliki nilai mean tertinggi dalam variabel terpaan media, sedangkan dimensi kognitif paling tinggi dalam variabel sikap. Data penelitian berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov. Grafik scatter plot menunjukkan pola hubungan linear positif antara variabel terpaan media dan sikap yang ditunjukkan oleh penyebaran titik dari kiri bawah ke kanan atas. Penelitian ini diperkuat dengan hasil uji korelasi Pearson yang membuktikan adanya korelasi positif yang kuat dan signifikan antara terpaan media Instagram @nadialaydrus mengenai diabetes dengan sikap kesadaran mengurangi konsumsi makanan manis pada Gen Z. Nilai koefisien determinasi menunjukkan lebih dari setengah variasi sikap responden dapat dijelaskan oleh variabel terpaan media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara terpaan media Instagram @nadialaydrus tanggal 7 Januari 2025 mengenai diabetes dengan sikap kesadaran mengurangi konsumsi makanan manis pada Gen Z. Kata Kunci: Media Sosial, Instagram, Terpaan Media, Sikap, Gen Z, Diabetes ***** This research is motivated by the high number of diabetes patients in Indonesia according to the International Diabetes Federation (IDF), ranking fifth globally, with predictions that diabetes cases will continue to increase annually. Additionally, there is an increase in diabetes mellitus (DM) prevalence among productive age according to the Indonesian Health Survey (SKI). The purpose of this research is to examine the relationship between Instagram media exposure from @nadialaydrus regarding diabetes and awareness attitudes toward reducing sweet food consumption among Gen Z through reels posts dated January 7, 2025. The theory used in this research is Albert Bandura's social cognitive theory, which explains human learning processes through observation or observational learning. There are four stages in the observational learning process, which is attention, retention, production, and motivation. The variables in this research are media exposure and attitudes. This research uses an explanation approach with quantitative methods. Sampling was selected using purposive sampling by distributing surveys in the form of questionnaires. The total number of respondents was 100, consisting of followers and likers of the Instagram @nadialaydrus reels post dated January 7, 2025, about diabetes. The collected data was then analyzed using univariate and bivariate tests, including normality tests, linearity tests, and Pearson correlation tests. The research results show that the exposure state dimension has the highest mean value in the media exposure variable, while the cognitive dimension is highest in the attitude variable. The research data is normally distributed based on the Kolmogorov-Smirnov normality test. The scatter plot graph shows a positive linear relationship pattern between media exposure and attitude variables, indicated by the distribution of points from bottom left to top right. This research is strengthened by Pearson correlation test results that prove a strong and significant positive correlation between Instagram media exposure from @nadialaydrus regarding diabetes and awareness attitudes toward reducing sweet food consumption among Gen Z. The coefficient of determination indicates that more than half of the variation in respondents attitudes can be explained by media exposure variable. The conclusion of this research is that there is a relationship between Instagram media exposure from @nadialaydrus dated January 7, 2025, regarding diabetes and awareness attitudes toward reducing sweet food consumption among Gen Z. Keywords: Social Media, Instagram, Media Exposure, Attitude, Gen Z, Diabetes
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Kinkin Yuliaty S. P., M.Si. ; 2). Dr. M. Fikri Akbar, M.Si., M.M. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi |
Divisions: | FIS > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Amanda Syavira . |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:48 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |