PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH DASAR MOTOR TURBIN DENGAN PENDEKATAN PEER TUTORING

EGO WIDORO, . (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH DASAR MOTOR TURBIN DENGAN PENDEKATAN PEER TUTORING. Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (495kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (347kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman motor turbin sebagai mesin penggerak pesawat terbang merupakan hal yang sangat penting dalam perawatan pesawat terbang. Ditemukan hasil belajar mata kuliah Dasar Motor Turbin belum maksimal. Penelitian pendahuluan yang dilakukan menemukan kurangnya keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Pembelajaran aktif merupakan cara untuk meningkatakan keterlibatan mahasiswa, salah satu bentuk pembelajaran aktif adalah peer tutoring. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring, menganalisis kelayakan dan efektifitas model pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang sering disebut dengan R & D. Sasaran penilitian ini adalah mahasiswa semester tiga program studi Diploma IV Teknik Pesawat Udara, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan instruksional Dick et al. dan model pembelajaran yang dikembangkan merupakan kombinasi dari komponen pembelajaran Dick et al., tujuh aturan utama peer tutoring Falchikov, dan aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan pada peer tutoring hasil tinjauan literatur. Melalui evaluasi formatif yang merupakan bagian dari model pengembangan instruksional Dick et al., analisis kelayakan dilakukan dengan hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran dinyatakan layak. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring yang diimplementasikan pada mahasiswa semester tiga program studi diploma IV Teknik Pesawat Udara menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 39,733, nilai-g sebesar 0,582 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas cukup tinggi atau medium serta ketercapaian kompetensi sebesar 71% dengan kategori baik. Mahasiswa yang terlibat dalam penghitungan efektifitas adalah lima belas mahasiswa. Keterlibatan mahasiswa secara keseluruan juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Untuk ketiga domain keterlibatan mahasiswa yaitu keterlibatan perilaku, keterlibatan emosional, dan keterlibatan kognitif juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Implementasi model pembelajaran mata kuliah Dasar Motor Turbin dengan pendekatan peer tutoring terbukti efektif. Kata kunci: model pembelajaran, motor turbin, peer tutoring, pengembangan sistem instruksional ***** DEVELOPMENT OF A LEARNING MODEL FOR THE GAS TURBINE ENGINE FUNDAMENTAL COURSE USING PEER TUTORING APPROACH Ego Widoro Educational Technology ABSTRACT Understanding gas turbine engines as aircraft powerplant engines is essential in aircraft maintenance. The learning outcomes of the gas turbine engine fundamental course were suboptimal. A preliminary study conducted found a lack of student engagement in learning. Active learning enhances student engagement; peer tutoring is one way to implement it. This study aims to produce an instructional model for the gas turbine engine fundamentals course using a peer tutoring approach, to analyze the feasibility and effectiveness of the developed instructional model. This study employs research and development, commonly called R&D. Its focus is on third-semester students enrolled in the Diploma IV Teknik Pesawat Udara, Politeknik Penerbangan Indonesia Curug. The instructional system design model applied is the instructional system design model by Dick et al. The instructional model is developed by integrating Dick et al.'s instructional strategy components, Falchikov's seven key rules of peer tutoring, and relevant factors identified in the literature review on peer tutoring. Through formative evaluation which is part of Dick et al.'s process development model, the feasibility analysis was conducted, and the results indicated that the instructional model was feasible. The results of this study also indicate that the instructional model used in the gas turbine engine fundamental course, which involved a peer tutoring approach, led to a significant improvement in learning outcomes among third-semester students in the Diploma IV Teknik Pesawat Udara. The findings revealed an average score increase of 39.733. The g-value of 0.582 is considered at a fairly high level of effectiveness, and a competency achievement rate of 71% falls within the good category. Fifteen students participated in the effectiveness analysis sample. Its significant increase in overall student engagement. For the third domain of student engagement—behavioral student engagement, emotional student engagement, and cognitive student engagement—respectively, indicating a significant increase. Implementing the instructional model of the gas turbine engine fundamental course with a peer tutoring approach has proven effective. Keywords: gas turbine engine, instructional model, instructional system design, peer tutoring

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd 2. Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Ego Widoro .
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:32
Last Modified: 05 Aug 2025 06:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/57959

Actions (login required)

View Item View Item