REFLECTIVE TEACHING IN THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMA NEGERI 5 KENDARI (A CASE STUDY)

WA ODE NUR MAULID SAKTI BASRI, . (2016) REFLECTIVE TEACHING IN THE ENGLISH TEACHING AND LEARNING PROCESS AT SMA NEGERI 5 KENDARI (A CASE STUDY). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACT - ACKNOWLEDGMENTS.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (75kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (194kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengajaran refleksi dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 5 Kendari. Sebuah penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai metode penelitian digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket, wawancara, dan observasi sedangkan sumber data adalah lima orang guru di SMA Negeri yang berpartisipasi dalam penelitian ini sejak 4 Januari – 19 Februari 2016. Observasi awal dilakukan pada bulan Mei 2016. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru-guru telah mengaplikasikan pengajaran refleksi dengan menggunakan beberapa strategi dari pengajaran refleksi seperti merekam video, observasi, penelitian tindakan, umpan balik terhadap siswa, dan mengikuti lokakarya. Hasil penemuan berikutnya menunjukan bahwa para guru telah memahami bagaimana mendefinisikan pengajaran refleksi dan menyadari pentingnya menjadi guru yang melakukan refleksi dalam pengajaran seperti guru belajar hal-hal baru saat mengajar; guru belajar dari pengalaman mereka sendiri sebagai pelajar dan sebagai guru; dan guru dapat mengembangkan keterampilan mengajar mereka dan terus meningkatkan ilmu pengetahuan mereka. Hasil penemuan terakhir menunjukan bahwa dalam melakukan pengajaran refleksi guru mengalami beberapa kesulitan seperti kurangnya waktu karena mereka memiliki beban kerja yang harus dilakukan di luar jam mengajar di kelas. Guru mendapat kesulitan-kesulitan dalam mendorong rekan-rekan mereka yang tidak memiliki kesiapan dan fokus dalam melakukan pengajaran refleksi.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Darmahusni, M.A. ; 2). Dr. Sudarya Permana, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2020 20:13
Last Modified: 17 Mar 2020 20:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5878

Actions (login required)

View Item View Item