PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI EKSPONENSIAL

BAGUS TRIA GRAHA, . (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI EKSPONENSIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi eksponen untuk siswa kelas X SMA serta mengetahui kelayakannya sebagai media pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah kesulitan siswa dalam memahami konsep eksponen yang bersifat abstrak serta keterbatasan media pembelajaran yang mengaitkan materi dengan konteks kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan berupa video animasi yang mengintegrasikan tujuh komponen CTL, seperti konstruksi pengetahuan, pemodelan, dan keterlibatan aktif siswa melalui soal kontekstual. Hasil validasi menunjukkan bahwa video memperoleh persentase kelayakan sebesar 87,5% dari ahli media, 88,3% dari ahli materi, dan 95,8% dari ahli bahasa, yang seluruhnya termasuk dalam kategori “sangat layak”. Uji coba dilakukan di SMA Negeri 49 Jakarta pada siswa kelas X dengan jumlah 6 siswa pada kelompok kecil dan 34 siswa pada kelompok besar, menghasilkan persentase kelayakan sebesar 88,2%, terutama pada aspek daya tarik, kemudahan pemahaman materi, serta keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, uji coba kepada guru memperoleh persentase 90,63%, yang menunjukkan bahwa video sangat layak digunakan dalam pembelajaran, mendukung kegiatan belajar mengajar, sesuai dengan kurikulum, dan selaras dengan pendekatan CTL. Dengan demikian, video pembelajaran dengan pendekatan CTL ini dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi eksponen. ***** This study aims to develop learning video based on the Contextual Teaching and Learning (CTL) approach for exponential material for Grade X senior high school students, as well as to determine its feasibility as a learning medium. The background of this research lies in students' difficulties in understanding the abstract concepts of exponents, along with the limited availability of instructional media that relate the material to real-life contexts. The research employed the 4D development model, which consists of four stages: Define, Design, Develop, and Disseminate. The resulting product is an animated video that integrates the seven components of CTL, such as knowledge construction, modelling, and active student engagement through contextual problems. Validation results showed that the video achieved a feasibility score of 87.5% from media experts, 88.3% from subject matter experts, and 95.8% from language experts all categorized as "very feasible." The trial was conducted at SMA Negeri 49 Jakarta with Grade X students, involving 6 students in a small group and 34 students in a large group. The student trial yielded a feasibility score of 88.2%, particularly in terms of attractiveness, ease of understanding the material, and relevance to real-life situations. Additionally, the teacher trial resulted in a score of 90.63%, indicating that the video is highly feasible for use in learning, supports teaching and learning activities, aligns with the curriculum, and is consistent with the CTL approach. Therefore, this CTL-based learning video is considered highly feasible and suitable for use as a learning medium for exponential material.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Meiliasari, S.Pd., M.Sc. 2). Dr. Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Bagus Tria Graha .
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:53
Last Modified: 08 Aug 2025 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59011

Actions (login required)

View Item View Item