PENYUSUNAN E-MODUL PELATIHAN SESUAI SKKNI NOMER 3 TAHUN 2023 PADA BIDANG BUILDING INFORMATION MODELLING UNTUK JABATAN KERJA KOORDINATOR BIM

FITRILIANI INAYAH, . (2025) PENYUSUNAN E-MODUL PELATIHAN SESUAI SKKNI NOMER 3 TAHUN 2023 PADA BIDANG BUILDING INFORMATION MODELLING UNTUK JABATAN KERJA KOORDINATOR BIM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun e-modul pelatihan berbasis kompetensi yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 3 Tahun 2023 pada bidang Building Information Modelling (BIM), khususnya untuk jabatan kerja Koordinator BIM. E-modul ini disusun sebagai media pembelajaran mandiri yang dapat digunakan dalam proses pelatihan dan persiapan sertifikasi kompetensi kerja. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) Pendefinisian (define), (2) Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), dan (4) Penyebaran (dissemante). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner sebagai instrumen penilaian kelayakan oleh dua ahli materi, dua ahli media, dua ahli bahasa, dan uji coba terbatas oleh pengguna produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul pelatihan Koordinator BIM jenjang 6 yang dikembangkan memperoleh penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 84,45% dengan kategori “Sangat Layak”. Penilaian kelayakan oleh ahli media sebesar 90,97% dengan kategori “Sangat Layak”. Dan penilaian kelayakan oleh ahli bahasa sebesar 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Adapun hasil validitas isi instrumen berdasarkan analisis Aiken-V penilaian ahli materi didapatkan nilai 0,81 yang dinyatakan “Valid”, ahli media 0,93 yang dinyatakan “Valid”, dan ahli bahasa 0,97 yang dinyatakan “Valid”. Kemudian hasil analisis efektivitas dengan pre-test dan post test di dapatkan skor N-Gain 0,713 yang termasuk kategori efektivitas tinggi. Dan yang terakhir yaitu hasil penilaian kepuasan pengguna yang sebesar 88,40% dengan kategori “Sangat Layak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk e-modul pelatihan Koordinator BIM Jenjang 6 dapat dikategorikan sangat baik dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pelatihan Koordinator BIM jenjang 6. Kata kunci: E-modul, SKKNI, Building Information Modelling, Koordinator BIM, Pelatihan Kompetensi ***** This research aims to develop competency-based training e-modules that are in accordance with the Indonesian National Work Competency Standards (SKKNI) No. 3 of 2023 in the field of Building Information Modeling (BIM), especially for the job title of BIM Coordinator. This e-module is designed as a self-learning tool that can be used in training and preparation for work competency certification. This research uses the Research and Development (R&D) method with the 4D model which consists of four stages, namely: (1) Defining, (2) Designing, (3) Development, and (4) Dissemination. The data analysis technique used descriptive analysis with a quantitative approach and the data collection technique was carried out with a questionnaire as a feasibility assessment instrument by two material experts, two media experts, two linguists, and a limited trial by product users. The results showed that the BIM Coordinator level 6 training e-module developed obtained a feasibility assessment by material experts of 84.45% in the “Very Feasible” category. Feasibility assessment by media experts amounted to 90.97% with the category “Very Feasible”. And the feasibility assessment by linguists amounted to 97.5% with the category “Very Feasible”. The results of the validity of the instrument content based on the Aiken-V analysis of the material expert assessment obtained a value of 0.81 which was declared “Valid”, media experts 0.93 which was declared ‘Valid’, and linguists 0.97 which was declared “Valid”. Then the results of the effectiveness analysis with the pre-test and post test obtained an N-Gain score of 0.713 which is included in the high effectiveness category. And the last is the results of the user satisfaction assessment which amounted to 88.40% in the “Very Feasible” category. Thus, it can be concluded that the BIM Level 6 Coordinator training e-module product can be categorized as very good and feasible to use as teaching material in BIM Level 6 Coordinator training. Keywords: E-module, SKKNI, Building Information Modeling, BIM Coordinator, Competency Training

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Tuti Iriani, M.Si. ; 2). Dr. Ir. Irika Widiasanti, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Fitriliani Inayah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:07
Last Modified: 08 Aug 2025 04:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59096

Actions (login required)

View Item View Item