ANALISIS BIBLIOMETRIK TREN PENELITIAN TENTANG SOFTWARE DESAIN GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKSI

RUHIYAT ADI PRAUTAMA, . (2025) ANALISIS BIBLIOMETRIK TREN PENELITIAN TENTANG SOFTWARE DESAIN GRAFIS DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi ilmiah terkait penggunaan Software desain grafis dalam pembelajaran konstruksi dengan pendekatan bibliometrik menggunakan database Scopus. Analisis dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Biblioshiny pada RStudio yang memungkinkan visualisasi dan eksplorasi data secara interaktif. Penelitian ini menggunakan berbagai indikator seperti jumlah publikasi, kutipan, distribusi geografis, kolaborasi antar negara, serta kata kunci yang dominan. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah publikasi dan sitasi, terutama sejak tahun 2022. Negara-negara seperti Tiongkok, Amerika Serikat, dan Malaysia menjadi kontributor utama dalam bidang ini, sementara Indonesia masih menunjukkan partisipasi yang terbatas. Fokus penelitian didominasi oleh pemanfaatan perangkat lunak seperti AutoCAD, Revit, dan BIM serta penerapan machine learning dan sistem pembelajaran berbasis visual. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi grafis telah menjadi bagian penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran teknik konstruksi. ***** This study aims to analyze the scientific publication trends related to the use of graphic design Software in construction education through a bibliometric approach using the Scopus database. The analysis is conducted using the Biblioshiny application on RStudio, which enables interactive data visualization and exploration. This research employs various indicators such as the number of publications, citations, geographical distribution, international collaboration, and dominant keywords. The findings reveal a significant increase in both publications and citations, particularly since 2022. Countries such as China, the United States, and Malaysia have emerged as key contributors in this field, while Indonesia still shows limited participation. The research focus is dominated by the utilization of Software such as AutoCAD, Revit, and BIM, along with the integration of machine learning and visual-based learning systems. These findings indicate that the integration of graphic design technologies has become an essential component in enhancing the effectiveness of construction education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Henita Rahmayanti, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Ruhiyat Adi Prautama .
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:40
Last Modified: 11 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59249

Actions (login required)

View Item View Item