PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

AMALIA NUR AZIZAH, . (2016) PENGARUH HASIL BELAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skipsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk medapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang mempengaruhi hasil belajar mata kuliah kewirausahaan dan lingkungan belajar terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah sejumlah 346 orang, dengan teknik pengambilan sampel dari Suharsimi Arikunto, dengan mengambil masing-masing 25% dari setiap konsentrasi untuk dijadikan sampel, karena populasi lebih dari 100. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel untuk memperoleh data yang dibutuhkan dan memperoleh hasil belajar berupa nilai atau skor dari beberapa dosen pada mata kuliah kewirausahaan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara hasil belajar kewirausahaan dan lingkungan belajar terhadap minat berwirausaha, hasil ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Eka Aprilianty. Bahwa hasil belajar kewirausahaan dan lingkungan belajar mempunyai hubungan terhadap minat berwirausaha. ********** This study aimed to obtain information and knowledge based on data and facts that affect the learning outcomes of entrepreneurship courses and learning environment on student interest in entrepreneurship at the Faculty of Economics at the State University of Jakarta. The method used is survey method with approach quantitative correlation. The population in this study is the number of 346 people, with a sampling technique of Suharsimi Arikunto, with each taking 25% of each concentration to be sampled, for a population of more than 100. This study uses primary data and secondary data by distributing questionnaires to samples to obtain the required data and obtain the learning outcomes in the form of grades or scores of some lecturers in entrepreneurship courses. The results of this study prove that there is a positive correlation between entrepreneurship learning outcomes and learning environment of the interest in entrepreneurship, these results are in accordance with the opinion expressed by Eka Aprilianty. That entrepreneurial learning outcomes and learning environments have a relationship to the interest in entrepreneurship.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Endang Sri Rahayu, M.Pd. ; 2). Ari Saptono SE., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2020 15:56
Last Modified: 16 Sep 2025 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5950

Actions (login required)

View Item View Item