DELLA SALSABILA NAJLA, . (2025) PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN COPING STRESS BAGI SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (900kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (454kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah program bimbingan klasikal dengan menerapkan teknik relaksasi untuk meningkatkan keterampilan coping stress bagi siswa kelas XI di SMKN 39 Jakarta. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI SMKN 39 Jakarta sebanyak 165 orang dengan penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Educational Design Research (EDR). Metode ini memiliki beberapa tahapan penelitian diantaranya yaitu tahapan Analisis dan Eksplorasi, Desain dan Konstruksi, serta Evaluasi dan Refleksi. Penelitian ini menggunakan ketiga tahapan EDR namun tidak sampai tahap refleksi karena program yang dikembangkan tidak sampai implementasi kepada pengguna. Penelitian ini melalui uji ahli materi dan uji ahli produk yang dilakukan oleh Dosen Bimbingan dan Konseling dengan memperoleh persentase sebesar 78% (Sangat Layak) dan 75,5% (Layak). Uji ahli keterbacaan dilakukan oleh Guru BK SMKN 39 Jakarta dengan persentase sebesar 95,3% (Sangat Layak) pada aspek desain, isi, dan materi rancangan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa sering mengalami stres dan memiliki kesulitan dalam mengatasi stres yang dialaminya, terbukti dengan tingkat coping stress yang rendah. Oleh karena itu, para siswa perlu dibantu untuk meningkatkan keterampilan coping stress dalam dirinya melalui program bimbingan klasikal yang dikembangkan oleh peneliti dengan menggunakan teknik relaksasi. Keterampilan coping stress terdiri dari dua aspek yaitu problem focused coping atau keterampilan coping stress yang berfokus pada masalah dan emotion focused coping atau coping stress yang berfokus pada emosi. Program bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik relaksasi yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan coping stress ini dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori yang valid dan disesuaikan dengan data-data hasil instrumen serta studi kebutuhan siswa dan guru BK di SMKN 39 Jakarta. Program bimbingan klasikal ini dapat digunakan oleh guru BK sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan klasikal untuk melatih dan meningkatkan keterampilan coping stress peserta didik sebagai intervensi dalam isu stres. Kata Kunci: Program, Bimbingan Klasikal, Coping Stress, Teknik Relaksasi, Educational Design Research ***** This study aims to develop a classical guidance program that employs relaxation techniques to enhance stress coping skills among 11th-grade students at SMKN 39 Jakarta. The sample consists of 165 students from class XI at SMKN 39 Jakarta, with the sample size determined using Slovin’s formula. Sampling was conducted using probability sampling technique, specifically simple random sampling. The research methodology applied is Educational Design Research (EDR), which involves several stages, including Analysis and Exploration, Design and Construction, and Evaluation and Reflection. However, this study implements only the first two stages of EDR, as the developed program was not taken to the implementation stage with users. The program was validated through content expert and product expert tests conducted by Guidance and Counseling lecturers, achieving scores of 78% (Very Feasible) and 75.5% (Feasible), respectively. Readability testing was performed by a Guidance Counselor at SMKN 39 Jakarta, with a result of 95.3% (Very Feasible) across aspects of design, content, and material layout. The findings show that students frequently experience stress and face difficulties in managing it, which is evidenced by their low stress coping levels. Therefore, students need assistance in developing their stress coping skills through a guidance program using relaxation techniques. Stress coping skills are divided into two aspects: problem-focused coping, which concentrates on addressing the problem, and emotion-focused coping, which pertains to managing emotional responses. This group guidance program, designed to improve these coping skills, was developed based on valid theories and tailored to data from instruments and the needs assessments conducted with students and counseling teachers at SMKN 39 Jakarta. This classical guidance program can be utilized by school counselors as a reference for conducting group guidance activities aimed at training and enhancing students’ stress coping skills as an intervention for stress-related issues. Keywords: Program, Classical Guidance, Coping Stress, Relaxation Techniques, Educational Design Research
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd ; 2). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Della Salsabila Najla . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:06 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59520 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |