MUHAMMAD NABIL ROYHAN SABILA, . (2025) PENGARUH KONTROL DIRI DAN MENCARI SENSASI TERHADAP PERILAKU AGRESIF MENGEMUDI PADA MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (496kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN dan DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan mencari sensasi terhadap perilaku agresif mengemudi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu Aggressive Driving Behavior Scale, Brief Self-Control Scale, dan Brief Sensation Seeking Scale. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa pengendara sepeda motor di daerah Jabodetabek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Non-Probability Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 295 responden dengan kriteria mahasiswa aktif yang berdomisili di Jabodetabek, menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan sehari-hari, dan berusia 18-25 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri dan mencari sensasi terhadap perilaku agresif mengemudi dengan besar pengaruh 16,2%. Kontrol diri memiliki pengaruh yang signifikan dengan sumbangan efektif sebesar 11,37%. Mencari sensasi memiliki pengaruh yang signifikan dengan sumbangan efektif sebesar 4,82%. ***** ABSTRACT This study aims to examine the influence of self-control and sensation seeking on aggressive driving behavior. A quantitative approach was employed, with data collected through questionnaires. The measurement instruments used were the Aggressive Driving Behavior Scale, Brief Self-Control Scale, and Brief Sensation Seeking Scale. The population in this study consisted of university students who ride motorcycles in the Greater Jakarta area (Jabodetabek). The sampling technique used was non-probability purposive sampling, with a total of 295 respondents and the criteria are: active university students domiciled in Jabodetabek, using motorcycles as daily transportation, and aged between 18 and 25 years. The results showed that self-control and sensation seeking have a significant influence on aggressive driving behavior, with a total contribution of 16.2%. Self-control had a significant influence with an effective contribution of 11.37%, while sensation seeking also showed a significant influence with an effective contribution of 4.82%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Gita Irianda Rizkyani Medellu, M.Psi., Psikolog. ; 2). Atikah Ainun Mufidah, S.Psi., M.Si. |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Ilmu Sosial > Transportasi Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial Ilmu Sosial > Patologi Sosial dan Kesejahteraan Sosial |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Muhammad Nabil Royhan Sabila . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:19 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 06:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |