SUSILAWATI, . (2025) ALAT PERAGA ENERGI TERBARUKAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA DILENGKAPI LKPD BERBASIS STEAM UNTUK PEMBELAJARAN SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan memainkan peran kunci dalam menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan, termasuk pemahaman tentang energi terbarukan seperti tenaga surya. Kurikulum Merdeka di Indonesia menekankan pembelajaran yang kontekstual dan relevan, menjadikan integrasi alat peraga pembangkit listrik tenaga surya penting untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Alat peraga dirancang sesuai prinsip pengetahuan materi, meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan melibatkan semua indra siswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga energi terbarukan memotivasi siswa dan meningkatkan pemahaman ilmiah mereka. Namun, survei menunjukkan kebutuhan akan alat peraga tersebut di beberapa sekolah. Oleh karena itu, penulis mengusulkan pengembangan alat peraga pembangkit listrik tenaga surya yang sederhana, praktis, serta disertai LKPD berbasis STEAM. Alat ini juga lebih terjangkau secara finansial dibanding alat peraga yang terdapat di sekolah. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, dengan menggunakan wawancara, Analisis kebutuhan, tes, dan pencatatan dokumen sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga PLTS yang dikembangkan berhasil melewati tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dalam model ADDIE. Kata Kunci: ADDIE, media pembelajaran, PLTS, LKPD, STEAM
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd.,M.Si. ; 2). Drs. Andreas Handjoko Permana, M.Si. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Susilawati . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:03 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59773 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |