MODUL DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA

KHANSA TAQIYYAH, . (2025) MODUL DIGITAL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENGUKURAN UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

KHANSA TAQIYYAH. Modul Digital Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Pengukuran Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. Juli 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul digital berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pengukuran yang valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Sampel pada tahap analisis kebutuhan terdiri dari 35 siswa kelas X pada salah satu SMA di Jakarta, sedangkan uji coba pengguna dilakukan kepada 5 siswa (kelompok kecil) dan 67 siswa (kelompok besar). Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa modul digital yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba pengguna menunjukkan bahwa siswa memberikan respon sangat baik terhadap penggunaan modul, dengan skor rata-rata sebesar 94% pada kelompok kecil dan 92% pada kelompok besar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa modul digital berbasis PBL pada materi pengukuran yang dikembangkan valid digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA. Kata Kunci : Modul Digital, Problem Based Learning, Pengukuran. *****KHANSA TAQIYYAH. A Problem-Based Digital Module on Measurement Material for High School Physics Learning. Thesis. Physics Education Study Program. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. State University of Jakarta. July 2025. This research aims to develop a valid Problem-Based Learning (PBL) digital module on measurement material that can be used as a physics learning medium for high school students. The research method used was Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. The sample for the needs analysis phase consisted of 35 10th-grade students at a high school in Jakarta, while user trials were conducted on 5 students (small group) and 67 students (large group). Validation results from three validators showed that the developed digital module achieved an average score of 96%, categorized as very valid. The user trials showed that students responded very well to the module's use, with an average score of 94% in the small group and 92% in the large group. The conclusion of this study is that the developed PBL-based digital module on measurement material is valid for use as a high school physics learning medium. Keywords: Digital Module, Problem Based Learning, Measurement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. 2). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Khansa Taqiyyah .
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:23
Last Modified: 12 Aug 2025 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59985

Actions (login required)

View Item View Item