PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK

DESYARA VHALENTINA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GAME EDUKASI ANDROID DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI EKSPONEN KELAS X SMK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menciptakan media pembelajaran yang berbasiskan game edukasi android dengan menggunakan Adobe Animate CC serta pendekatan penyelesaian masalah pada materi eksponen untuk siswa kelas X SMK Analis Kimia Tunas Harapan. Penyelitian ini menerapkan metode research and development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Hasil yang didapat dari pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan tingkat kelayakan berdasarkan uji validasi yang dilakukan oleh para ahli, serta pengujian pada kelompok kecil dan besar yang terdiri dari siswa dan guru, sebagai berikut: uji validasi oleh ahli di bidang materi dan bahasa memperoleh angka 91%, sementara uji validasi oleh ahli media mencapai 83%, uji coba di kelompok kecil mendapatkan angka 98%, dan uji coba di kelompok besar memperoleh angka 96%. Dari hasil-hasil ini, rata-rata persentase yang diperoleh adalah 92%, yang berarti media pembelajaran berbasis game edukasi android dengan pendekatan pemecahan masalah pada materi eksponen sangat layak digunakan oleh siswa kelas X di SMK. Kata kunci: media pembelajaran berbasis game edukasi android, problem solving, adobe animate, eksponen. ***** The purpose of this research and development is to create learning media based on an Android educational game using Adobe Animate CC and a problem-solving approach on exponential material for grade 10 students of Tunas Harapan Chemical Analyst Vocational High School. This research applies the research and development (R&D) method with the ADDIE model, which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results obtained from the development of this learning media indicate a level of feasibility based on validation tests conducted by experts, as well as tests in small and large groups consisting of students and teachers. The validation test by the material and language experts obtained a score of 91%, while the validation test by the media experts reached 83%. The small group trial achieved a score of 98%, and the large group trial achieved a score of 96%. From these results, the average percentage obtained was 92%, which means that the Android educational game-based learning media with a problem-solving approach to the exponential material is very suitable for use by class X students at vocational schools. Key word : Android educational game-based learning media, problem solving, Adobe Animate, Exponent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Tri Murdiyanto, M.Si. 2). Dwi Antari Wijayanti, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Desyara Vhalentina .
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:25
Last Modified: 13 Aug 2025 07:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60363

Actions (login required)

View Item View Item