ADE MAWAR HASRIANTI, . (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA FATIGUE DALAM KONTEN “MARRIAGE IS SCARY” TERHADAP FEAR OF RELATIONSHIP COMMITMENT PADA WANITA DEWASA AWAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3 Metodologi.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 Hasil Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5 Kesimpulan dan Saran.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara social media fatigue dalam konten “Marriage is Scary” terhadap fear of relationship commitment pada wanita dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu Social Medai Fatigue Scale (SMFS) dan Lebanese Fear of Relationship Commitment Scale (LFRC-17). Populasi pada penelitian ini adalah wanita dewasa awal yang belum menikah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Non-Probability Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 164 responden. Karakteristik sampel dalam penelitian ini adalah 21-30 tahun, tinggal di Jabodetabek, dan pernah mengakses konten “Marriage is Scary”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media fatigue dalam konten “Marriage is Scary” memiliki pengaruh terhadap fear of relationship commitment pada wanita dewasa awal dengan (p = <0,001 < 0,005). Variabel social media fatigue memiliki pengaruh sebesar 26,4% terhadap fear of relationship commitment. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa social media fatigue dalam konten “Marriage is Scary” merupakan salah satu faktor yang memengaruhi fear of relationship commitment pada wanita dewasa awal.*****This study aims to determine the effect of social media fatigue in the content "Marriage is Scary" on fear of relationship commitment in early adult women. This study uses a quantitative approach method with data collection using a questionnaire. The measuring instruments used are the Social Media Fatigue Scale (SMFS) and the Lebanese Fear of Relationship Commitment Scale (LFRC-17). The population in this study were unmarried early adult women. The sampling technique used in this study was Non-Probability Purposive Sampling with a sample size of 164 respondents. The characteristics of the sample in this study were 21-30 years old, living in Jabodetabek, and having accessed the content "Marriage is Scary". The results of this study indicate that there is social media fatigue in the content "Marriage is Scary" has an effect on fear of relationship commitment in early adult women with (p = <0.001 <0.005). The variable social media fatigue has an influence of 26.4% on fear of relationship commitment. These results indicate that social media fatigue in the content "Marriage is Scary" is one of the factors that influences fear of relationship commitment in early adult women.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Fildzah Rudyah Putri, M.Si. 2). Anggi Mayangsari, M.Psi., Psikolog |
Subjects: | Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 30841 not found. |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:04 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |