ALIFIA ANANTITU NABATI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN HYPERCHEM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Hyperchem dengan model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi bentuk molekul. Metode yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Kelas XI F-4 sebagai kelompok eksperimen dan XI F-5 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen dilakukan dengan menerapkan penggunaan media HyperChem dan model Problem-Based Learning. Sedangkan pada kelompok kontrol menerapkan penggunaan media Power Point dengan model Problem-Based Learning. Hasil belajar siswa diukur menggunakan tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Uji hipotesis tes hasil belajar menggunakan uji t. Uji t yang digunakan yaitu Paired Sample t-test dimana diperoleh antara nilai pretest dan posttest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol mengalami peningkatan sedangkan hasil Independent t-test pada nilai posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penggunaan media HyperChem dengan model Problem-Based Learning dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk molekul. Kata Kunci: HyperChem, Problem-Based Learning, Hasil Belajar ***** This study aims to determine the effect of using Hyperchem media with the Problem-Based Learning model on student learning outcomes in the material on molecular shapes. This method used is quasi experiment with non-equivalentpretest-posttest control group design.this sample used in this study was Class XI F-4 as the experimental group and XI F-5 as the control group. The experimental group was carried out by applying the use of HyperChem media and the Problem-Based Learning model, while the control group applied of Power Point media with the Problem-Based Learning model. Student leraning outcomes was measured using a learning outcomes test in the form of multiple-choice questions. This hypothesis test for the learning outcome test used the t-test. the t-test used was the Paired Sample t-test where the pretest and posttest scores in the experimental and control groups increased while the result of the Independent t-test on the posttest scores showed that the average posttest score of the experimental group was higher than the control group. The conclusion of this study is that the use of HyperChem media with the Problem-Based Learning model can improve student learning outcomes in molecular shape material. Keyword: HyperChem, Problem-Based Learning, Learning Outcomes
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Sukro Muhab, M.Si. 2. Dr. Irwanto, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Alifia Anantitu Nabati . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:51 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |