SULTAN ABDUL AZIS, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN VIDEO SIMULASI PADA POKOK BAHASAN PRAKTIKUM MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI TEKNIK ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK NEGERI 1 KOTA TANGERANG SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DAN BIODATA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa permainan video simulasi pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika untuk siswa kelas XI Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Pengembangan media ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran praktik yang masih bersifat konvensional, keterbatasan alat praktik di laboratorium, serta rendahnya keterlibatan siswa dalam memahami materi menganalisis penguat diferensial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu Analysis, Design, dan Development. Media dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity untuk platform Android dan divalidasi oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain instruksional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan data di analisis secara kuantitatif dengan skala Likert. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori “sangat layak” dengan skor persentase kelayakan sebesar lebih dari 76% pada seluruh aspek yang dinilai. Media ini memuat simulasi pengumpulan komponen dan perakitan rangkaian penguat diferensial secara interaktif dengan tampilan yang menyerupai laboratorium nyata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa permainan video simulasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penguat diferensial dalam pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Kata kunci: media pembelajaran, permainan video, simulasi, Unity
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Wisnu Djatmiko, M.T. ; 2). Prof. Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Sultan Abdul Azis . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |