NURHASANAH SIREGAR, . (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM PENCERNAAN BERBASIS GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1 COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2 BAB 1.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
3 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
6 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
8 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul sistem pencernaan berbasis Guided Inquiry dan menganalisis efektivitasnya terhadap peningkatan pemahaman konsep serta keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Islam Assalaam. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model Hannafin dan Peck, yang meliputi tahap analisis, desain, dan pengembangan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa peserta didik memerlukan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan tidak monoton. Uji kelayakan oleh ahli media dan materi menunjukkan persentase masing-masing sebesar 97,7% dan 96%, sedangkan uji coba kepada peserta didik memperoleh hasil sebesar 97,6%, yang secara keseluruhan mengindikasikan bahwa e-modul sangat layak digunakan. Uji efektivitas menggunakan analisis multivariat (MANOVA) menunjukkan bahwa penggunaan e-modul berbasis Guided Inquiry berpengaruh secara signifikan terhadap dua variabel, yaitu pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis. E-modul ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya tampilan visual yang menarik, isi materi yang lengkap dan terstruktur, serta dapat diakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Selain itu, e-modul ini dilengkapi dengan fitur hypermedia, yang memungkinkan peserta didik untuk menjelajahi materi secara non-linier melalui tautan interaktif menuju teks, gambar, video, simulasi, dan latihan soal. Fitur ini meningkatkan keterlibatan belajar dan memberikan kebebasan bagi peserta didik dalam mengeksplorasi pengetahuan sesuai kebutuhan dan kecepatan belajar masing-masing. Dengan demikian, e- modul ini tidak hanya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, tetapi juga mendukung proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dalam membangun pemahaman secara mandiri serta mengembangkan keterampilan berpikir yang berkelanjutan.***** This study aims to develop a guided inquiry-based e-module on the digestive system and to analyze its effectiveness in improving the conceptual understanding and critical thinking skills of eighth-grade students at SMP Islam Assalaam. The development model used refers to the Hannafin and Peck model, which consists of the analysis, design, and development stages. The needs analysis results showed that students require learning media that are engaging, interactive, and not monotonous. Feasibility tests conducted by media and material experts yielded scores of 97.7% and 96%, respectively, while student trials resulted in a score of 97.6%, indicating that the e-module is highly feasible for use. Effectiveness testing using multivariate analysis (MANOVA) showed that the use of the guided inquiry- based e-module had a significant effect on both variables: conceptual understanding and critical thinking skills. This e-module has several advantages, including attractive visual design, comprehensive and structured material, and flexible accessibility anytime and anywhere. Furthermore, the e-module is equipped with hypermedia features, allowing students to explore content non- linearly through interactive links to texts, images, videos, simulations, and practice questions. These features enhance student engagement and provide the autonomy to explore learning materials according to their individual pace and needs. Thus, this e-module not only improves students' learning outcomes but also supports an active learning process that encourages independent understanding and the development of sustained higher-order thinking skills.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hanum Isfaeni, M.Si ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Fisiologi |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurhasanah Siregar . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |