Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Socio-Scientific Issue terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bioteknologi Peserta Didik

DEVI NURFADHILA, . (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terintegrasi Socio-Scientific Issue terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bioteknologi Peserta Didik. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. File Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. File BAB 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
3. File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
4. File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
5. File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
6. File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
7. File Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB)
[img] Text
8. File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik bioteknologi di kelas X. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen yang melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen yang menerima pembelajaran PBL terintegrasi dengan SSI, dan kelas kontrol yang menggunakan model Discovery Learning. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test, menggunakan soal pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep dan soal esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Kelas eksperimen yang menggunakan model PBL-SSI menunjukkan hasil yang signifikan baik dalam penguasaan konsep maupun kemampuan berpikir kritis dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata skor pemahaman konsep pada kelompok eksperimen adalah 85, sedangkan kelompok kontrol memperoleh skor 67. Untuk kemampuan berpikir kritis, kelas eksperimen mencapai rata-rata 81 dibandingkan dengan 74 pada kelas kontrol. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan yang tinggi pada kelompok eksperimen dan peningkatan sedang pada kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi isu-isu kehidupan nyata melalui model PBL-SSI menciptakan lingkungan belajar yang bermakna dan kontekstual, yang mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami konsep ilmiah secara lebih mendalam. Kata kunci: Problem Based Learning, Socio Scientific Issues, Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis ***** This study aims to determine the effect of the Problem-Based Learning (PBL) model integrated with Socio-Scientific Issues (SSI) on students’ conceptual understanding and critical thinking skills on the topic of biotechnology in Grade 10. The research employed a quasi-experimental design involving two groups: an experimental class that received PBL integrated with SSI, and a control class that used the Discovery Learning model. Data were collected through pre-tests and post-tests, using multiple-choice questions to assess conceptual understanding and essay questions to evaluate critical thinking skills. The experimental class using the PBL-SSI model showed significantly better results in both conceptual mastery and critical thinking ability compared to the control class. The average conceptual understanding score in the experimental group was 85, while the control group scored 67. For critical thinking skills, the experimental class achieved an average score of 81, compared to 74 in the control class. N-Gain analysis indicated a high improvement in the experimental group and a moderate improvement in the control group. These findings suggest that integrating real-life issues through the PBL-SSI model creates a meaningful and contextual learning environment, encouraging students to think critically and understand scientific concepts more deeply. Keywords: Problem-Based Learning, Socio-Scientific Issues, Conceptual Understanding, Critical Thinking Skills

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si 2). Tri Handayani Kurniati, M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30950 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:28
Last Modified: 14 Aug 2025 07:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61055

Actions (login required)

View Item View Item