NURAINI AZIZAH, . (2025) PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) SEBAGAI TUTOR VIRTUAL TERHADAP PEMAHAMAN, EFISIENSI DAN KREATIVITAS SISWA SMK DI WILAYAH JAKARTA TIMUR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN (12)_compressed.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) sebagai tutor virtual terhadap pemahaman, efisiensi, dan kreativitas siswa dalam mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Jakarta Timur. Penelitian menggunakan pendekatan mixed method dengan desain sequential explanatory, yaitu pengumpulan data kuantitatif diikuti analisis kualitatif untuk mendalami temuan. Metode eksperimen diterapkan dengan membandingkan dua kelompok: kelompok eksperimen yang memanfaatkan teknologi AI sebagai tutor virtual, dan kelompok kontrol yang belajar dengan metode konvensional. Sampel terdiri dari 60 siswa kelas XI RPL yang dipilih secara purposive sampling dari dua SMK di Jakarta Timur. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara mendalam. Hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan perbedaan signifikan pada seluruh variabel: peningkatan pemahaman (mean rank dari 17,22 menjadi 43,78; p = 0,000), efisiensi waktu (mean rank dari 21,57 menjadi 39,43; p = 0,000), dan kreativitas (mean rank dari 19,53 menjadi 41,47; p = 0,000). Temuan kualitatif memperkuat hasil ini, menunjukkan bahwa teknologi AI membantu siswa memahami materi pemrograman secara mandiri, menyusun algoritma lebih efisien, serta mendorong eksplorasi ide kreatif dalam perancangan program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknologi AI sebagai tutor virtual berpengaruh signifikan dan positif terhadap peningkatan pemahaman, efisiensi, dan kreativitas siswa SMK dalam pembelajaran pemrograman. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi integrasi teknologi AI dalam pembelajaran kejuruan, sejalan dengan kebutuhan industri digital masa kini. Kata Kunci: Artificial Intelligence, Tutor Virtual, Rekayasa Perangkat Lunak, Pemahaman, Efisiensi, Kreativitas. ***** This study aims to analyze the effect of using Artificial Intelligence (AI) technology as a virtual tutor on students' understanding, efficiency, and creativity in the subject of Software Engineering (RPL) at vocational high schools (SMK) in the East Jakarta area. The study employs a mixed-method approach with a sequential explanatory design, involving the collection of quantitative data followed by qualitative analysis to delve deeper into the findings. An experimental method was applied by comparing two groups: the experimental group utilizing AI technology as a virtual tutor, and the control group learning through conventional methods. The sample consisted of 60 Grade XI RPL students selected through purposive sampling from two SMKs in East Jakarta. Data were collected through tests, observations, and in-depth interviews. The results of the Mann-Whitney U test showed significant differences across all variables: improved understanding (mean rank from 17.22 to 43.78; p = 0.000), time efficiency (mean rank from 21.57 to 39.43; p =0.000), and creativity (mean rank from 19.53 to 41.47; p = 0.000). Qualitative findings reinforce these results, indicating that AI technology helps students understand programming material independently, develop algorithms more efficiently, and encourage creative idea exploration in program design. This study concludes that AI technology as a virtual tutor has a significant and positive impact on improving understanding, efficiency, and creativity among vocational high school students in programming education. These findings have important implications for the integration of AI technology in vocational education, in line with the needs of today's digital industry. Keywords: Artificial Intelligence, Virtual Tutor, Software Engineering, Understanding, Efficiency, Creativity.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd ; 2. Dr. Muhammad Yusro, M.T., M.Pd., Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan |
Divisions: | FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Nuraini Azizah . |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 03:54 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 03:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61243 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |