PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA KANTOR DI SMKN 48 JAKARTA

LAVIA MEIRAS PUTRI, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) DALAM PEMBELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA KANTOR DI SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) bernama "kantAR" dan mengukur tingkat kelayakannya untuk mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kantor di SMKN 48 Jakarta. Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan dalam proses pembelajaran, seperti media yang monoton dan kesulitan siswa dalam memvisualisasikan peralatan kantor yang abstrak di buku teks. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran "kantAR" memperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 93% dari ahli materi dan ahli media, yang termasuk dalam kategori “sangat layak”. Selanjutnya, hasil uji coba pada siswa dalam tahap one-to-one evaluation memperoleh skor 99% dan tahap small group evaluation memperoleh skor 91%, keduanya menunjukkan kategori “sangat praktis”. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media AR "kantAR" sangat layak dan praktis untuk diimplementasikan sebagai solusi pembelajaran yang inovatif dan interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa. ***** This study aims to develop Augmented Reality (AR)-based learning media called "kantAR" and measure its feasibility level for the subject of Automation of Office Facilities and Infrastructure Management at SMKN 48 Jakarta. The background of this study is the existence of problems in the learning process, such as monotonous media and students' difficulties in visualizing abstract office equipment in textbooks. The research method used is Research and Development (R&D) by adopting the 4D model consisting of the Define, Design, Develop, and Disseminate stages. The results of the study showed that the "kantAR" learning media obtained an average feasibility percentage of 93% from material experts and media experts, which is included in the "very feasible" category. Furthermore, the results of the trial on students in the one-to-one evaluation stage obtained a score of 99% and the small group evaluation stage obtained a score of 91%, both of which showed the "very practical" category. Thus, it is concluded that the AR media "kantAR" is very feasible and practical to be implemented as an innovative and interactive learning solution to improve student understanding.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Dr. Marsofiyati, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Lavia Meiras Putri .
Date Deposited: 14 Aug 2025 16:02
Last Modified: 14 Aug 2025 16:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61262

Actions (login required)

View Item View Item