FADLY ADRIAN, . (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA MATERI PRINSIP - PRINSIP KOGNISI UNTUK MATA KULIAH SISTEM INTERAKSI DI FAKULTAS ILMU KOMPUTER UI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi knowledge management berbasis media pembelajaran berteknologi komputer yang termasuk jenis media berteknologi komputer dengan sistem pengelolaan yang dikenal sebagai Computer Managed Instruction (CMI) menggunakan metode pengembangan rapid prototyping yang dikenalkan oleh Tripp dan Bichelmeyer pada tahun 1990. Hasil dari pengembangan aplikasi knowledge management berfokus untuk memfasilitasi pemahaman terhadap Prinsip-Prinsip Kognisi dalam mata kuliah Sistem Interaksi di Fakultas Ilmu Komputer UI yang menjadi pondasi pemahaman cara kerja suatu sistem dan tampilan antarmuka yang memfasilitasi bentuk interaksi antara manusia dengan komputer atau mesin. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan metode campuran (mixed method) melalui survei dan wawancara. Validasi dilakukan melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan pengguna mahasiswa untuk mengevaluasi efektivitas desain instruksional dan antarmuka. Berdasarkan hasil evaluasi aplikasi terhadap pengguna Mahasiswa memperoleh skor rata-rata 4,5 (sangat baik) menunjukkan penerimaan tinggi sebagai sumber belajar alternatif. Perubahan materi tekstual menjadi simulasi interaktif berhasil memperjelas konsep abstrak prinsip kognisi, khususnya dalam konteks desain antarmuka yang memiliki hasil uji skor 4 dan 4,5 dari dua ahli materi dinilai (sangat baik) menegaskan aplikasi memenuhi kriteria minimum viable product (MVP) dengan desain pembelajaran yang koheren terhadap capaian mata kuliah. Evaluasi ahli media (skor 4,0) predikat baik menunjukkan kesesuaian dengan standar teknologi pendidikan, khususnya dalam penyajian tujuan pembelajaran yang terukur. Penggunaan aplikasi tidak hanya memperkuat pemahaman kognisi tetapi juga menerapkan konsep SECI (Socialization, Externalization, Combination, & Internalization) untuk pengembangan sistem manajemen pengetahuan di pendidikan tinggi. ***** This research aimed to develop a computer-based knowledge management application for learning, leveraging the Computer Managed Instruction (CMI) framework through the rapid prototyping model proposed by Tripp and Bichelmeyer (1990). The application was specifically designed to support the comprehension of cognitive principles within the Human- Computer Interaction (HCI) course at the Faculty of Computer Science, University of Indonesia. A mixed-method approach was employed for data collection, including surveys and interviews. Validation involved feasibility assessments by subject matter experts, media experts, and student users, focusing on instructional quality and interface design through Likert scale analysis. Student evaluations yielded an average score of 4.5 (excellent), reflecting strong acceptance of the application as an alternative learning resource. The transformation of textual content into interactive simulations effectively enhanced learners9 understanding of abstract cognitive principles, especially in relation to interface design, with expert scores of 4.0 and 4.5 (excellent) affirming that the application met the minimum viable product (MVP) criteria and aligned with course learning objectives. Furthermore, the final evaluations by learning media experts resulted in an average score of 4.0 (good), confirming the application's compliance with educational technology standards, particularly in the presentation of measurable learning outcomes through the instructional design process is helping learner reinforcing their cognitive understanding, the application operationalizes the SECI knowledge management model (Socialization, Externalization, Combination, Internalization) is supporting the development of dynamic learning resources in the higher education contexts.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Diana Ariani, M.Pd; 2). Mulyadi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Fadly Adrian |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 01:28 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 01:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |