JILLYETA RAHMA SUPOLLO, . (2025) DISPARITAS SOSIAL DALAM FILM BANLIEUE 13- ULTIMATUM KARYA LUC BESSON. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 4 .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disparitas sosial dalam film Banlieue 13-Ultimatum Karya Luc Besson yang dirilis pada tahun 2009. Adapun fokus utama penelitian ini adalah menganalisis disparitas sosial yang muncul dalam film dengan menggunakan teori aspek-aspek disparitas sosial menurut Max Weber (2003), yang mencakup tiga aspek disparitas yaitu Kelas (Classe), Status (Condition), Partai (Parti). Ketiga aspek tersebut digunakan sebagai landasan untuk mengidentifikasi dan memahami bagaimana kesenjangan sosial direpresentasikan melalui dialog, adegan dan interaksi antar tokoh dalam film. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan catat, kemudian dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukan terdapat 33 (tiga puluh tiga) data yang ditemukan dalam film Banlieue 13-Ultimatum Karya Luc Besson. Dari jumlah tersebut, terdapat 22 (dua puluh dua) data yang merupakan aspek partai, 8 (delapan) data merupakan aspek status dan 3 (tiga) data yang masuk dalam aspek kelas. Temuan data ini mengindikasikan bahwa disparitas yang paling dominan dalam film tersebut adalah aspek pada partai yang kemudian diikuti oleh aspek status, dan yang paling sedikit adalah aspek kelas. Kata kunci: Banlieue 13-Ultimatum, Disparitas Sosial, Film, Max Weber ***** This study aims to analyze social disparity as represented in the film Banlieue 13–Ultimatum, directed by Luc Besson and released in 2009. The main focus of this research is to examine the forms of social disparity depicted in the film using Max Weber’s theory (2003), which includes three aspects of social disparity: class (classe), status (condition), and party (parti). These three aspects serve as a framework to identify and understand how social inequality is portrayed through dialogue, scenes, and character interactions within the film. The study employs a qualitative approach with content analysis as its method. Data were collected through observation and note-taking techniques, and were analyzed using the Miles and Huberman data analysis model. The findings indicate that there are 33 data points related to social disparity in Banlieue 13 – Ultimatum. Of these, 22 represent the party aspect, 8 represent the status aspect, and 3 represent the class aspect. These results suggest that the most dominant form of disparity in the film relates to access to political power (parti), followed by social recognition (condition), while economic conditions (classe) appear less frequently. Keywords: Banlieue 13 – Ultimatum, Film, Max Weber, Social Disparity
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Evi Rosyani Dewi, S.S.,M.Hum. ; 2). Yunilis Andika, S.Pd.,M.Li. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | jillyeta rahma supollo . |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 08:18 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 08:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |