SALMA MAHARANI, . (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HOTS MEKANIKA TEKNIK DI SMK PROGRAM KEAHLIAN TEKNOLOGI KONSTRUKSI DAN PROPERTI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
|
Text
Cover - Tesis - Salma Maharani - Edit.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 1 - Tesis - Salma Maharani.pdf Download (601kB) |
|
|
Text
BAB 2 - Tesis - Salma Maharani.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 3 - Tesis - Salma Maharani.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 4 - Tesis - Salma Maharani.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB 5 - Tesis - Salma Maharani.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA - Tesis - Salma Maharani.pdf Download (324kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN - Tesis - Salma Maharani_Compress.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menganalisis instrumen asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi Mekanika Teknik untuk SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti. Instrumen dikembangkan menggunakan langkah-langkah Mardapi (2008) yang disesuaikan dengan pendekatan teori tes modern, menghasilkan 36 butir soal yang kemudian disaring menjadi 18 soal final. Instrumen divalidasi oleh 9 ahli dengan hasil validitas sangat tinggi untuk aspek kebahasaan (0,92) dan materi (0,83), serta tinggi untuk aspek penilaian (0,79). Uji lapangan menunjukkan bahwa instrumen memenuhi asumsi Rasch (unidimensionalitas, independensi lokal, dan monotonicity), dengan raw variance sebesar 39,5% dan eigenvalue 1,799. Analisis butir menunjukkan 4 butir tidak fit, sebaran tingkat kesulitan yang proporsional, serta adanya dua butir yang bias terhadap gender. Secara keseluruhan, instrumen memiliki reliabilitas tinggi (α = 0,84; reliabilitas item = 0,99), dengan kemampuan mengelompokkan siswa ke dalam tiga tingkat kemampuan. Wright map dan TIF menunjukkan instrumen paling akurat pada peserta dengan kemampuan sedang. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen layak digunakan untuk mengukur HOTS dan mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Mekanika Teknik di SMK. Implikasi dari penelitian ini adalah tersedianya instrumen asesmen HOTS Mekanika Teknik yang terstandar yang dapat digunakan sebagai alat penilaian dalam pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMK. Diharapkan hasil penelitian ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Mekanika Teknik serta kesiapan siswa menghadapi tantangan di dunia kerja dan pendidikan tinggi. ***** This study aims to develop and analyze a Higher Order Thinking Skills (HOTS) assessment instrument on Engineering Mechanics content for Vocational High Schools (SMK) in the Construction and Property Engineering Expertise Program. The instrument was developed using Mardapi's (2008) steps, adapted to the modern test theory approach, resulting in 36 items, of which 18 were finalized after screening. The instrument was validated by nine experts, consisting of language, content, and assessment specialists. The validation results showed very high validity in language (0.92) and content (0.83), and high validity in assessment aspects (0.79). Field testing showed that the instrument met Rasch model assumptions—unidimensionality (raw variance explained = 39.5%, eigenvalue = 1.799), local independence, and monotonicity. Item analysis indicated four misfitting items, a proportional distribution of item difficulties, and two items showing gender bias. Overall, the instrument demonstrated high reliability (Cronbach’s Alpha = 0.84; item reliability = 0.99), and could categorize students into three ability levels. The Wright Map and Test Information Function (TIF) showed that the instrument was most accurate for students with moderate ability. These results indicate that the HOTS instrument is valid and reliable, and can support the improvement of Engineering Mechanics learning in vocational education
| Item Type: | Thesis (Magister) |
|---|---|
| Additional Information: | 1. Dr. Riyan Arthur, M.Pd. 2. Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. |
| Subjects: | Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan |
| Divisions: | PASCASARJANA > S2 Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Salma Maharani . |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 04:16 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 04:16 |
| URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
