PENGUJIAN PENGARUH VARIASI DAYA DAN SUBMERGENCE RATIO TERHADAP LAJU ALIRAN PADA POMPA GELEMBUNG UNTUK SISTEM PENDINGIN ABSORPSI DENGAN REFRIGERAN H2O

NAUFAL ATHA SU'AD, . (2025) PENGUJIAN PENGARUH VARIASI DAYA DAN SUBMERGENCE RATIO TERHADAP LAJU ALIRAN PADA POMPA GELEMBUNG UNTUK SISTEM PENDINGIN ABSORPSI DENGAN REFRIGERAN H2O. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (997kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy

Abstract

Sistem pendingin udara pada mobil sangat penting untuk kenyamanan termal pengemudi, namun penggunaannya memiliki tantangan tersendiri terutama ketika mesin mati karena energi akan disuplai dari baterai/aki yang menyebabkan penurunan kapasitas baterai sebesar 25-30% setelah 30 menit penggunaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pendingin alternatif yang rendah emisi dan dapat memanfaatkan energi pasif seperti panas limbah atau energi matahari. Sistem pendingin absorpsi tekanan tunggal dengan pompa gelembung (bubble pump) menggunakan refrigeran H₂O merupakan solusi yang menjanjikan karena tidak memerlukan kerja mekanis pompa konvensional. Penelitian ini menganalisis kinerja pompa gelembung berdasarkan variasi daya input (80, 120, 160 Watt) dan submergence ratio/SR (0,54; 0,62; 0,70) terhadap liquid mass flow rate dan gas mass flow rate. Hasil menunjukkan peningkatan daya dari 80 W ke 160 W meningkatkan liquid dan gas mass flow rate dengan pola tidak linear. Peningkatan SR dari 0,62 ke 0,70 meningkatkan liquid dan gas mass fow rate pada semua variasi daya, sedangkan SR 0,54 mendominasi liquid dan gas mass flow rate pada daya tertentu saja. Variasi 160 Watt SR 0,54 memberikan performa terbaik dengan lifting ratio tertinggi (113) dan liquid mass flow rate maksimum (6,6 g/s) dan gas mass flow rate sebesar 0,059 g/s, karena kombinasi laju perpindahan kalor tinggi dan pola aliran yang kontinyu. Peningkatan daya mengubah pola aliran dari intermiten menjadi kontinyu melalui transisi pola aliran bubbly-slug-churn. ***** Air conditioning systems in vehicles are crucial for driver thermal comfort, yet their operation presents specific challenges, particularly when the engine is off because energy is supplied from the battery, causing a capacity reduction of 25-30% after 30 minutes of use. Therefore, an alternative cooling system that is low-emission and can utilize passive energy such as waste heat or solar energy is required. A single-pressure absorption cooling system with a bubble pump using H₂O refrigerant represents a promising solution because it does not require the mechanical work of conventional pumps. This research analyzes the performance of the bubble pump based on variations of input power (80, 120, 160 Watt) and submergence ratio/SR (0.54; 0.62; 0.70) against liquid mass flow rate and gas mass flow rate. The results show that increasing power from 80 W to 160 W increases both liquid and gas mass flow rates with a non-linear pattern. An increase in SR from 0.62 to 0.70 increases liquid and gas mass flow rates at all power variations, while SR 0.54 dominates liquid and gas mass flow rates only at certain power levels. The 160 Watt SR 0.54 variation provides the best performance with the highest lifting ratio (113) and maximum liquid mass flow rate (6.6 g/s) and gas mass flow rate of 0.059 g/s, due to the combination of high heat transfer rate and continuous flow pattern. An increase in power changes the flow pattern from intermittent to continuous through bubbly-slug-churn flow pattern transition. *****

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. 2) Nugroho Gama Yoga, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Naufal Atha Su'ad .
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:56
Last Modified: 17 Nov 2025 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/62821

Actions (login required)

View Item View Item