PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA XI IPS SMA NEGERI 77 JAKARTA

YUNITA MELANIA, . (2014) PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA XI IPS SMA NEGERI 77 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Kondisi sosial Ekonomi Keluarga Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa XI IPS SMA Negeri 77 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung mulai dari April 2014 sampai dengan Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kausalitas. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPS SMA Negeri 77 Jakarta yang berjumlah 116 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 90 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Data Y (Prestasi Belajar Ekonomi), X1 (Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga), dan X2 (Motivasi Belajar) diukur dengan menggunakan kuesioner dengan memakai model skala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 17.0, dari hasil uji F diketahui bahwa Fhitung (81,336) > Ftabel (3,10), hal ini berarti X1 (Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga) dan X2 (Motivasi Belajar) secara serentak berpengaruh terhadap X3 (Prestasi Belajar Ekonomi). Uji t menghasilkan thitung dari X1 (Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga) sebesar 7,637 dan ttabel sebesar 1,671, karena thitung > ttabel, maka dinyatakan kondisi sosial ekonomi keluarga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi. Sedangkan thitung dari X2 (Motivasi Belajar) sebesar 5,499 dan ttabel sebesar 1,671, karena thitung < ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap variabel prestasi belajar ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan path analysis, besarnya pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga (X1) yang secara langsung terhadap prestasi belajar ekonomi (X3) sebesar 0,298 atau 29,8% dan berpengaruh dengan dimoderatori motivasi belajar (X2) sebesar 0,214 atau 21,4%, maka pengaruh X1 secara total dengan X3 sebesar 0,512 atau 51,2%. Besarnya pengaruh motivasi belajar (X2) yang secara langsung terhadap prestasi belajar ekonomi (X3) sebesar 0,154 atau 15,4%. Kemudian analisis koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,652 atau 65,2%, maka dapat disimpulkan variabel prestasi belajar ekonomi (X3) ditentukan oleh kondisi sosial ekonomi keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) sebesar 65,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa XI IPS SMA Negeri 77 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd. ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:03
Last Modified: 25 Oct 2019 15:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item View Item