PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Eksperimen Pada Anak Kelompok B Kecamatan Kedaton Bandar Lampung)

PUTRI RAHMATIKA, . (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN (Penelitian Eksperimen Pada Anak Kelompok B Kecamatan Kedaton Bandar Lampung). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Pendidikan terkait dengan proses pembelajaran dimana pelaksanannya di dalam kelas dimana adanya interaksi antara guru dan murid, guru memberikan stimulasi pada anak usia dini untuk mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran mind map dan bercerita serta gaya kognitif independent dan dependent terhadap kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2x2 dengan melibatkan 50 orang sampel. Penelitian ini menggunakan randomisasi untuk menentukan subjek penelitian untuk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam pengujian hipotesis menggunakan analisis varian anava dua jalur. Hasil penelitian diperoleh bahwa perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan metode mind map dan metode bercerita didapat Fhitung 13,655 dengan Ftabel 4,15. Perbedaan kemampuan membaca yang memiliki gaya kognitif independent dan dependent didapat Fhitung 10,298 dengan Ftabel 4,15. Selanjutnya interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca permulaan diperoleh skor Fhitung 96,463 dengan Ftabel 4,15. Kemudian kemampuan membaca anak dengan metode mind map gaya kognitif independent dengan metode bercerita gaya independent diperoleh Fhitung 15,444 dan p-value(sig) 0.000. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran dan gaya kognitif dapat mempengaruhi kemampuan membaca permulaan kemudian terdapat interaksi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran dan gaya kognitif dalam menentukan kemampuan membaca permulaaan. Kata Kunci : metode pembelajaran, gaya kognitif, membaca permulaan. Abstract Education is related to the learning process where the implementation is in the classroom where there is an interaction between teacher and student, the teacher provides stimulation to young children to optimize all aspects of the development of children. This study aims to determine the effect of mind map learning methods and storytelling as well as independent and dependent cognitive styles on initial reading skill. This research is a quantitative study, the method used is an experimental method using a 2x2 factorial design involving 50 samples. This study uses randomization to determine the research subjects for the experimental group and the control group. In testing hypotheses using two-way Anova variance analysis.The results obtained that the difference in the ability to read the beginning with the mind map method and the method of storytelling obtained Fcount 13,655 with Ftable 4,15. The difference in reading skills that have independent and dependent cognitive styles is obtained Fcount 10.298 with Ftable 4.15. Furthermore, the interaction between learning methods and cognitive style on initial reading skills obtained a Fcount score of 96.463 with a F table of 4.15. Then the reading ability of children with the mind map method of independent cognitive style with the independent style of storytelling method was obtained by Fcount 15.444 and p-value (sig) 0.000.It can be concluded that the learning method and cognitive style can influence the ability to read the beginning then there is a significant interaction between the application of learning methods and cognitive style in determining the ability to read the beginning. Keywords: learning methods, cognitive style, beginning reading.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1.) Dr. Sofia Hartati, M.Si 2.) Dr. Elindra Yetti, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Fonologi, Fonetik
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2377 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2020 13:34
Last Modified: 21 Apr 2020 13:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6818

Actions (login required)

View Item View Item