SHINTA NINGRUM WULANDARI, . (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK NEGERI 17 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SHINTA NINGRUM WULANDARI (8105123327) - SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar pengantar akuntansi kelas X di SMK Negeri 17 Jakarta Barat. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Negeri 17 Jakarta Barat dan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian akuntansi dan administrasi perkantoran yang berjumlah 139 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 100 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Sebelum instrumen digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X1) dengan 40 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 30 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 10 butir drop. Uji validitas untuk variabel persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran (X2) dengan 38 butir pernyataan telah divalidasi sebanyak 30 butir pernyataan dan sisanya sebanyak 8 butir drop. Hasil uji reliabilitas variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru sebesar 0,922. Hasil uji reliabilitas variabel persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran sebesar 0,931. Berdasarkan hasil perhitungan uji koefisien regresi secara simultan, nilai Fhitung = 38,762 > Ftabel = 3,0902 dengan nilai siginifikansi 0,000 dan tingkat signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar. Sedangkan pada hasil uji koefisien regresi secara parsial, yaitu X1 terhadap Y sebesar thitung = 4,899 > ttabel = 1,985 dapat disimpulkan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan X2 terhadap Y sebesar thitung = 3,095 > ttabel = 1,985 dapat disimpulkan persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Uji Hipotesis menyatakan bahwa secara simultan maupun parsial semua variabel independen (persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran) memengaruhi variabel dependen (hasil belajar).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Susi Indriani, S.E, M.S.Ak., ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak., |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 18:43 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 18:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6969 |
Actions (login required)
View Item |