NIDYA CHANDRA MUJI UTAMI, . (2019) MODEL BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL (Penelitian Pengembangan pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER-NIM.pdf Download (146kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (261kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (325kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (206kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (107kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (197kB) |
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (418kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (957kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model bahan ajar bahasa Inggris untuk pendidikan guru sekolah dasar berdasarkan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan guru sekolah dasar Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kuesioner, wawancara, dan tes (tes rumpang dan tes formatif). Data dianalisis dengan menggunakan kedua metode kuantitatif (tes T berpasangan dan Koefisien Cohen Kappa) dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) bahan ajar bahasa Inggris yang dibutuhkan untuk program studi pendidikan guru sekolah dasar adalah materi yang meliputi tema-tema “General English, English for Instructions, dan English Language Teaching for Elementary School” yang dikembangkan berdasarkan pendekatan kontekstual (b) bahan ajar yang dipergunakan sebelumnya tidak dapat secara memuaskan mengakomodir kebutuhan-kebutuhan bahasa Inggris khusus dosen bahasa Inggris dan mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar, (c) model bahan ajar dikembangkan dengan berdasarkan pada hasil analisis kebutuhan dan terdiri dari atas elemen-elemen masukan (input), isi (content), bahasa (language) dan pelatihan (task) dalam konteks yang kontekstual (d) bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi unsur kepraktisan bahan ajar yang ditunjukkan dengan validasi ahli dimana memiliki skor Koefisien Cohen Kappa sebesar 0,654 dan skor tes keterbacaan antara 72,82% hingga 76,50% dalam evaluasi satu ke satu dan antara 68,38% hingga 73,33% dalam evaluasi kelompok kecil, (e) produk bahan ajar yang dikembangkan ini telah dapat meningkatkan kompetensi bahasa Inggris khusus bagi penggunanya. Kata kunci: Bahan ajar, Bahasa Inggris untuk Tujuan Khusus, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Guru Sekolah Dasar The aim of the research is to develop a model of English teaching material for elementary school teacher education based on contextual approach. The research was conducted at the elementary school teacher education department of Universitas Negeri Jakarta using the research and development design (R&D). The data were collected using questionnaires, interviews, and tests instruments (cloze tests and formative tests) and analyzed using both quantitative methods (Paired T-Test and Cohen Kappa Coefficient) and qualitative method. The results showed that (a) the English teaching material needed for elementary school teacher education program were the materials that include “the General English, English for Instructions, and English Language Teaching for Elementary School” themes that were developed based on the contextual approach (b) the previously used teaching materials could not satisfactorily accommodate the English for specific purposes’ needs of the English lectures and students of elementary school teacher education program, (c) the teaching material model was developed based on the result of the need analysis and consisted of the “input, content, language and task” elements in the contextual context (d) the developed teaching materials had fulfilled the practicality of the teaching materials which was indicated by experts validations which had a Coefficient Cohen’s Kappa’s score of 0,654 and readability tests’ scores between 72,82% to 76,50% in one-to-one evaluation and between 68,38% to 73,33% in small group evaluation, (e) the developed teaching materials product could increase the specific English competencies of its users. Keywords: Teaching materials, English for specific purposes, Contextual approach, Elementary school teacher education
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Yumna Rashid, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Sabarti Akhadiah, MK |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa |
Depositing User: | Users 1689 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2020 16:49 |
Last Modified: | 22 Apr 2020 16:49 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7043 |
Actions (login required)
View Item |