ARMILA MUTIA, . (2020) PERILAKU ANTISIPASI BENCANA TSUNAMI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (41kB) |
|
Text
2. ABSTRAK &ABSTRACT.pdf Download (20kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (403kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf Download (195kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (470kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (488kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
Text
10. A BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text
10. B BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) | Request a copy |
|
Text
10. C BAB III METODELOGI.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text
10. D BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
10. E BAB V PEMBAHASAN TEMUAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text
10. F BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text
12 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku antisipasi bencana tsunami yang muncul pada peserta didik sekolah dasar yang diberikan dalam bentuk-bentuk permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan di Padang Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang diintepretasikan dengan cara deskripsi, yang menyajikan data hasil penelitian berupa rangkaian kata-kata. Teknik dalam penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mempertegas penelitian. Analisis data pada model ini menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepala skolah, guru dan peserta didik ketiga sekolah dasar di Padang Sumatera Barat. Objek dalam penelitian yaitu tentang perilaku yang muncul pada peserta didik saat diberikan permainan antisipasi bencana tsunami. Pengambilan data dilakukan untuk melihat perilaku yang muncul pada peserta didik didalam permainan yang diberikan kepada peserta didik pada kelas III sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa permainan yang diberikan kepada peserta didik sudah efektif dan dapat memunculkan perilaku peserta didik seperti kejujuran, disiplin, sportifitas, bertanggung jawab, kerjasama/gotong-royong, sopan-santun, dan percaya diri. walaupun dalam melaksanakan permainan masih kurangnya sarana dan prasarana dalam pembelajaran disekolah tersebut namun semangat peserta didik dalam melakukan permainan sangat besar dan menyenagkan. Dapat disimpukan bahwa permainan antisipasi bencana tsunami yang diberikan kepada peserta didik sudah efektif untuk meningkatkan perilaku peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kunci : Perilaku, Antisipasi bencana tsunami, permainan, pembelajaran pendidikan jasmani. ***** ABSTRACK This study aims determine the anticipatory behavior of the tsunami desaster that appears in elementary school students provided in the forms of games in physical education learning conducted in Padang, West Sumatera. The method used in this study is qualitative interpreted in a descriptive way that present research data in the form of a series of words. Techniques in research are obeservation, interviews and documentation to reinforce research. Data analysis in this model uses the Miles and Huberman analysis model which consists of data collection, data reduction, data presentation, adn drawing conclusions and verification. The sample used in this study was the principal, teachers and students of all three elementary schools in Padang, West Sumatera. The object of the research is the behavio that appears to students when given a tsunami anticipation game. Data collection is done to see the behavior that appears in students in the game given to students in grade 3 elementary school. Vased on the results of the study showed that game given to learners has been effective and can lead to student behavior such as honesty, discipline, sportsmanship, responsibility, cooperation / mutual cooperation, courtesy, and confidence. Although in implementing the game there is still a lack of facilities and infrastructure in learning at the school but the enthusiasm of thestudents in doing the game is very big and fun. It can be concluded that the game of anticipating the tsunami disaster given to students has been effective to improve the behavior of students in physical education subjects. Key : Behavior, anticipation of tsunami disaster, games, physical education learning.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Taufik Rihatno ; 2). Dr. Hernawan, SE., M.Pd. |
Subjects: | Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Olahraga |
Depositing User: | Users 2367 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 11:33 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 11:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7248 |
Actions (login required)
View Item |