PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP

Aldy Kelvianto, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA TERINTEGRASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Aldy Kelvianto - 3315120232.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Storyline dalam pembelajaran berbasis konteks terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan di SMA Negeri 102 pada Februari 2016. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 102 Jakarta. Perlakuan yang diberikan yaitu metode pembelajaran Storyline pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran Diskusi pada kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Data tes hasil belajar diuji normalitas dengan uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Levene pada α = 0,05 diperoleh hasil data berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen (thitung = 2,263; ttabel = 1,371 sehingga thitung > ttabel). Adanya perbedaan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Storyline dalam pembelajaran kimia materi larutan penyangga terintegrasi pendidikan lingkungan hidup berpengaruh positif pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Darsef Darwis, M.Si. ; 2). Dr. Agung Purwanto, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:21
Last Modified: 27 Apr 2020 15:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7296

Actions (login required)

View Item View Item