PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TURNAMEN (LEARNING TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH: Studi Eksperimen di SMA Negeri 88 Jakarta

FENY KUMALASARI, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TURNAMEN (LEARNING TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH: Studi Eksperimen di SMA Negeri 88 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_FENY KUMALASARI.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh model pembelajaran Learning Tournament terhadap hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 88 Jakarta dari Bulan Agustus dan September 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 569 siswa dari 16 kelas, dengan populasi terjangkau siswa kelas X SMA Negeri 88 Jakarta dengan jumlah 213 siswa dari 6 kelas. Sampel penelitian ini akan diambil dengan cara random sampling, yang dipilih secara acak oleh penliti dengan melihat kondisi kelas yang sebanding. Sampel kelas terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA 1 yang diberi model pembelajaran Learning Tournament dan kelas kontrol kelas X MIA 2 yang diberi metode konvensional yaitu metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dengan materi yang sama yaitu tentang zaman praaksara. Hasil uji coba instrumen dengan menggunakan rumus Spearman Brown menghasilkan 37 soal valid dari 60 soal, dan diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,901 yang berarti instrumen dapat digunakan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lh (0,119) < Lt (0,148) maka sebaran data berdistribusi normal dan pada kelas kontrol diperoleh Lh (0,132) < Lt (0,148) maka sebaran berdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan uji Barlett dan diperoleh 2 hi< 2 ta pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05) dan derajat bebas = 1 yaitu 2,974 < 3,84. Maka hipotesis H0 : μ1 ≤ μ2 atau varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung (101,37) > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Tournament terhadap hasil belajar sejarah SMA Negeri 88 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. R. Wisnubroto, M.Pd, ; 2). Nur’aeni Marta., S.S., M.Hum ,
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2019 15:48
Last Modified: 28 Oct 2019 15:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/731

Actions (login required)

View Item View Item